Rabu, 20 Januari 2021

Semenanjung Korea Memanas, Jepang Mulai Antisipasi Ungsikan Warga

Semenanjung Korea Memanas, Jepang Mulai Antisipasi Ungsikan Warga

Foto: Makin panasnya situasi Semenanjung Korea, Jepang mulai antisipasi ungsikan warganya dari Korea Selatan. (ist)

Tokyo, Swamedium.com — Semenanjung Korea makin memanas, menyusul rencana Korea Utara untuk terus melakukan uji coba peluncuran rudal balistik nuklir dari kapal selam. Sementara itu, Amerika Serikat mengirimkan gugus tempur kapal induk USS Carl Vinson ke Semenanjung Korea.

Banner Iklan Swamedium

Mengamati situasi itu, Dewan Keamanan Nasional Jepang mulai melakukan antisipasi untuk mengungsikan warganya yang tinggal di Korea Selatan. Diperkirakan ada 57 ribu warga Jepang yang berada di Korea Selatan.

Untuk antisipasi warganya, Jepang telah meminta persetujuan Korsel untuk mengirimkan pesawat militer serta kapal perang untuk mengevakuasi warganya. Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga mengatakan, Jepang selalu memantau perkembangan Semenanjung Korea setiap saat.

“Saat ini, kami menjalin hubungan dekat dengan AS dan Korsel serta mendesak Korut agar mengurangi aksi provokasi mereka dan menaati resolusi Dewan Keamanan PBB. Kami akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi nyawa warga Jepang dan aset-aset negara,” tutur Yoshihide Suga, seperti dimuat Belfast Telegraph, Sabtu (15/4). (*/d)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita