Jumat, 02 Oktober 2020

Syarat dan Keuntungan Mencicil Rumah Lewat BPJS

Syarat dan Keuntungan Mencicil Rumah Lewat BPJS

Jakarta, Swamedium.com – Minat masyarakat untuk memiliki rumah pribadi sangat tinggi seiring adanya program rumah subsidi yang diberikan oleh pemerintah. Daripada uang untuk membayar sewa kos, lebih baik untuk mencicil rumah sendiri, mumpung ada rumah subsidi. Begitulah, pertimbangan mereka yang belum memiliki rumah.

Kendalanya, rumah subsidi yang pembayarannya memakai kredit pemilikan rumah (KPR) ini juga mensyaratkan konsumen untuk memberikan uang muka atau down payment (DP) pembelian rumah yang rata-rata sulit dipenuhi konsumen. Oleh karena itu, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) ikut terjun memfasilitasi pembelian rumah.

Sebagaimana dikutip dari Rumah.com, Kepala Divisi Komunikasi BPJS-TK, Irvanysah Utoh Banja, mengatakan bahwa program BPJS-TK telah meluncurkan manfaat layanan tambahan yang diberi nama Fasilitas Pembiayaan Perumahan Pekerja.

“Ini adalah layanan tambahan yang merupakan pengembangan manfaat dari program Jaminan Hari Tua (JHT) yang dapat membantu meringankan upaya peserta BPJS-TK dalam membeli rumah pertama yang layak dan terjangkau dan ini sudah aktif dan bisa dimanfaatkan,” kata Utoh.

Seperti program rumah subsidi Pemerintah untuk kalangan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), Fasilitas Pembiayaan Perumahan Pekerja dari BPJS-TK ini juga bisa dimanfaatkan untuk golongan MBR, yaitu pekerja dengan pemasukan maksimal Rp4 Juta.

Untuk MBR, syaratnya sama dengan program rumah MBR milik Pemerintah, yaitu penghasilan di bawah Rp4 Juta serta rumah subsidi yang harganya sudah ditetapkan Pemerintah berdasarkan zonasi. Yang membedakan antara program Pemerintah dengan program BPJS adalah sumber dananya.

“Jika program Pemerintah dananya dari negara, dana BPJS berasal dari pengembangan manfaat JHT,” jelas Utoh. “Kami bekerja sama dengan bank dan menempatkan dana JHT tadi ke perbankan lalu disalurkan ke peserta lewat kredit.”

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.