Selasa, 26 Mei 2020

Teko Hanya Mengeluarkan Isi Teko. Dalamnya Tiko, yang Keluar Juga Tiko

Teko Hanya Mengeluarkan Isi Teko. Dalamnya Tiko, yang Keluar Juga Tiko

Foto: Ippo Santosa, pakar otak kanan Indonesia. (ist)

Oleh: Ippo Santosa*

Jakarta, Swamedium.com – Inilah Presiden RI Masa Depan: Tuan Guru Bajang DR KH Zainul Majdi. Dan ini bukan kata saya, melainkan kata Dahlan Iskan. Berikut ini adalah tulisan Dahlan Iskan.

Ya, dialah gubernur yang berani mengkritik pers secara terbuka di acara puncak Hari Pers Nasional (HPN). Dialah Gubernur NTB. Mengkritik di depan tokoh pers se-Indonesia, dan di depan Presiden Jokowi, Lombok, 9 Februari 2016.

Inilah gubernur yang kalau mengkritik tidak membuat sasarannya terluka, bahkan tertawa-tawa saking kenanya dan lucunya. “Yang akan saya ceritakan ini tidak terjadi di Indonesia,” ujar sang Gubernur, “Ini di Mesir.”

Sang Gubernur memang pernah bertahun-tahun belajar di Mesir setelah menyelesaikan studinya di pesantren Gontor. Di Universitas paling hebat di sana ‘Al Azhar’, juga salah satu tertua di dunia.

Dari Al Azhar pula Sang Gubernur meraih gelar Doktor untuk ilmu yang sangat sulit ‘Tafsir Al Qur’an’. Inilah satu-satunya kepala pemerintahan di Indonesia yang hafal Al-Qur’an, dengan artinya dan dengan tafsirnya.

Mesir memang mirip dengan Indonesia. Dibidang politik dan persnya. “Di zaman otoriter dulu” ujar Sang Gubernur di depan peserta puncak peringatan Hari Pers Nasional itu, “Tidak ada orang yang percaya berita koran.”

Gubernur sepertinya ingin mengingatkan berita koran di Indonesia pada zaman Presiden Soeharto. Sama, tidak bisa dipercaya. Semua berita harus sesuai dengan kehendak penguasa.

“Satu-satunya berita yang masih bisa dipercaya hanyalah berita yang dimuat di halaman 10,” ujarnya. Di halaman 10 itulah, kata dia, dimuat Iklan Dukacita! Semua hadirin tertawa termasuk Presiden Jokowi, tepuk tangan pun membahana.

Foto: Tuan Guru Haji Muhammad Zainul Majdi bertemu Presiden RI Joko Widodo dalam suatu kesempatan. (ist)
Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.