Sabtu, 15 Mei 2021

Vettel Kuasai Sesi FP 1 GP Bahrain, Hamilton Terpuruk di 10 Besar

Vettel Kuasai Sesi FP 1 GP Bahrain, Hamilton Terpuruk di 10 Besar

Foto: Pebalap Ferarri Sebastian Vettel tampil yang tercepat di latihan bebas yang pertama GP Bahrain. (ist)

Sakhir, Swamedium.com– Pebalap Ferrari Sebastian Vettel, tampil sebagai penguasa sesi latihan bebas kesatu (free practice/FP 1) GP Bahrain di Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir, Jumat (14/4).

Banner Iklan Swamedium

Vettel mencatat waktu putaran tercepat 1 menit 32,697 detik. Dia mengungguli dua pebalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo (Australia) dan Max Verstappen (Belanda), yang berada di urutan kedua dan ketiga.

Sesi latihan bebas kesatu GP Bahrain juga diwarnai dengan insiden yang menimpa pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen. Pebalap Finlandia ini terpaksa menepi setelah mobil yang dikendarainya mengeluarkan asap.

Kubu Ferrari menyebut overheating di area turbo sebagai penyebab keluarnya asap dari mobil Raikkonen.

Akibat insiden tersebut, Raikkonen cuma bisa menempatkan catatan waktu putarannya di urutan ke-20 (1 menit 42,333 detik) pada paruh pertama sesi FP 1.

Duo Mercedes, Hamilton-Bottas, menguasai paruh pertama sesi FP 1. Melengkapi urutan lima besar, terdapat Sainz, Sebastian Vettel (Ferrari), dan Esteban Ocon (Force India)

Memasuki paruh kedua sesi FP 1, Vettel tampil gemilang. Juara GP Australia 2017 itu menjadi pencatat waktu putaran tercepat dengan 1 menit 32,697 detik. Dia unggul 1,398 detik atas Sergio Perez yang menempati posisi kedua dalam daftar pencatat waktu putaran tercepat.

Insiden kembali terjadi. Kali ini giliran pebalap musim pertama alias rookie, Stoffel Vandoorne (McLaren), yang menyudahi sesi latihan lebih awal. Mobil Vandoorne terhenti di area tikungan ke-10 Sirkuit Internasional Bahrain.

Posisi Vettel sebagai pencatat waktu putaran tercepat pada sesi FP 1 bertahan hingga 15 menit terakhir. Namun, pergeseran posisi di urutan di bawahnya tetap terjadi.

Perez yang semula berada di P2 turun ke P4. Posisinya digeser Ricciardo dan Verstappen.

Sementara itu, Felipe Massa (Williams) juga terpaksa menyudahi sesi FP 1 lebih awal setelah mengalami selip. Melalui pesan radio, Massa mengatakan dia kehilangan daya rem secara total dari mobilnya.

Akibat insiden tersebut, Massa harus puas menempati posisi kelima dalam daftar pencatat waktu putaran tercepat. Dia kalah cepat dari Vettel-Ricciardo-Verstappen-Perez yang berada di posisi kesatu hingga keempat.

Hamilton, yang pada awal sesi sempat menjadi yang tercepat, hanya berada di urutan ke-10 pada akhir sesi FP 1. Pebalap Inggris itu mencatat waktu putaran 1 menit 34,636 detik.

Sesi latihan bebas kedua GP Bahrain akan digelar pada pukul 18.00-19.30 waktu setempat atau 22.00-23.30 WIB. (*/d)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita