Jumat, 02 Oktober 2020

Perahu Tambang Rawan Laka, Wagub Jatim Minta Aktivitas Perahu Tambang Dihentikan

Perahu Tambang Rawan Laka, Wagub Jatim Minta Aktivitas Perahu Tambang Dihentikan

Surabaya, Swamedoum.com — Belum genap sepekan, tragedi perahu tambang hampir terulang lagi. Pada Sabtu (15/4) sekitar pukul 16.30 WIB sore tadi, sebuah perahu tambang yang ada Desa Sumberrame, Balongbendo, Sidoarjo, mengalami tali putus.

“Beruntung tidak ada korban karena tim SAR yang masih ada di lokasi untuk melakukan pencarian satu korban (tragedi sebelumnya) masih di lokasi sehingga bisa segera menolong,” kata Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Sabtu (15/4).

Terkait insiden ini Gus Ipul minta seluruh aktivitas perahu tambang tradisional dihentikan sementara. Apalagi saat ini cuaca sedang tidak menentu, arus sungai juga cukup deras.

“Saya mohon dihentikan sementara karena membahayakan. sambil jalan saya akan bicara dengan Bupati Gresik dan Sidoarjo untuk bikin standar keamanan operasional perahu tambang ini,” ujarnya Gus.

Pemerintah, kata Gus Ipul, menyadari pentingnya perahu tambang ini. Apalagi mayoritas aktivitas perahu tambang bahkan telah ada sejak sebelum kemerdekaan.

“Kami menyadari ini alat penyeberangan yang dianggap murah efektif cepat karena Pemerintah belum mampu menyediakan,” kata dia.

Meski begitu, Gus Ipul berharap semua pihak tidak ambil resiko. Para calon penumpang-pun juga jangan ambil resiko.

“Prinsipnya kami segera duduk bersama dengan Bupati Sidoarjo dan Gresik. Akan kita rumuskan standar keamanannya seperti apa. Mungkin nanti bisa diperdakan,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.