Senin, 14 September 2020

Komisi II DPR: Dinilai Masif dan Sistematis Politik Sembako, Basuki-Djarot Bisa Didiskualifikasi

Komisi II DPR: Dinilai Masif dan Sistematis Politik Sembako, Basuki-Djarot Bisa Didiskualifikasi

Foto: Anggota Komisi II DPR, Sutriyono. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Anggota Komisi II DPR, Sutriyono menilai tim sukses Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat telah merusak proses demokrasi yang bisa berujung didiskualifikasi. Pasalnya, mereka melakukan kecurangan dengan membagikan sembako (politik sembako) di masa tenang kampanye putaran kedua Pilkada DKI Jakarta.

Pihaknya meminta KPU dan Bawaslu menindak tegas tim sukses Ahok-Djarot yang telah terbukti melanggar aturan Pilkada.

“Itu merusak, menciderai demokrasi, KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara harus tegas. Pelakunya harus ditangkap,” kata Sutriyono di Jakarta, Minggu (16/4).

Anggota Fraksi PKS itu mengungkapkan, dengan adanya pelanggaran tersebut berpotensi membuar pasangan nomor urut 2 cagub-cawagub Ahok-Djarot di diskualifikasi dalam gelaran Pilkada DKI. Itu terjadi, bila memenuhi unsur masif dan sistematif.

“Saya sudah minta jajaran Bawaslu RI ke Bawaslu DKI untuk antisipasi pencegahan dan juga penindakan,” jelasnya.

Sebelumnya, Panwaslu Jaksel membubarkan kegiatan pembagian sembako di Kalibata City pagi tadi sekitar pukul 08.30 WIB oleh sekelompok orang yang mengenakan kemeja kotak-kotak. Sebelumnya Panwaslu Jakbar juga mengamankan enam truk berisi sembako setelah menerima laporan dari masyarakat. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.