Selasa, 29 September 2020

Pembangunan Disneyland di Boyolali Dimulai September

Pembangunan Disneyland di Boyolali Dimulai September

Jakarta, Swamedium.com – Wahana hiburan keluarga dari Amerika Serikat, Disneyland akan membangun proyeknya diatas lahan seluas 100 hektare di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Peletakan batu pertama pembangunan Disneyland yang diperkirakan menelan investasi Rp6 triliun itu akan dimulai pada September tahun ini.

Bupati Boyolali Seno Samudro mengungkapkan peletakan batu pertama pembangunan Disneyland akan dilakukan pada 1 September 2017. Pembangunan wahana hiburan tersebut bakal berlangsung selama dua tahun diatas lahan seluas 100 hektare dan lahan parker yang menampung 22 ribu kendaraan.

“Nilai pembangunan sekitar Rp 5-6 triliun. Peletakan batu pertama pada September 2017,” ujar dia seperti dikutip dari Bisnis.com, Sabtu, (15/4).

Adapun nilai investasi wahana hiburan ini seluruhnya berasal dari investor asing. Dalam pembangunan Disneyland, investor asing akan bermitra dengan pengembang lokal.

Seno menuturkan kajian kelayakan sudah dilakukan pihak Disneyland. Dia mengungkapkan dalam proyek Disneyland ini terdapat beberapa investor, salah satunya Universal Studio akan menjadi pemegang saham hingga 20 persen.

Dia menambahkan pembangunan Disneyland di Boyolali tidak memiliki kaitan dengan pembangunan Walt Disney di Lido, Bogor. Menurut dia, bila pembangunan Disneyland berjalan lancar, potensi pariwisata di Jawa Tengah akan semakin membaik.

Kemudahan Investasi

Seno menjanjikan kemudahan kepada investor bila ingin berinvestasi di Boyolali, khususnya dalam proses administrasi. Dia mengaku siap melaksanakan instruksi presiden dengan mempercepat proses perizinan investasi yakni paling lama tiga jam.

Selain itu, Boyolali tengah menyiapkan kereta gantung dengan biaya sekitar Rp 120 miliar. Dia mengungkapkan pihaknya kini tengah serius untuk menggarap potensi investasi dari sektor pariwisata.

Dia menganalisis, alasan investor asing masuk ke Jawa Tengah sebabkan karena murahnya biaya tenaga kerja dan amannya iklim investasi dan politik. Pada Maret lalu, ungkapnya, Boyolali juga tengah menandatangani proyek investasi senilai Rp 16 triliun.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.