Jumat, 25 September 2020

MUI: Al Quran Jelaskan Politik Uang Adalah Haram

MUI: Al Quran Jelaskan Politik Uang Adalah Haram

Foto: Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Amirsyah Tambunan. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Menjelang pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua, meruyak terjadi politik uang. Karena itu, perlu dipertegas agar umat Islam tidak terjebak, dengan politik uang karena hukumnya adalah haram.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Amirsyah Tambunan, Senin (17/4).

“Politik uang adalah penggelontoran uang dalam bentuk asli mata uang atau bantuan lainnya kepada orang-orang yang memiliki hak pilih,” jelasnya.

Dikatakan Amirsyah, politik uang itu telah ditegaskan Allah SWT di dalam kitab suci Alquran sebagai strategi baku kaum kafir dan munafik. Selain itu, politik uang juga sebagai bentuk kecurangan mereka untuk memenangkan persaingan atau pertempuran.

“Pekerjaan seperti itu adalah haram, karena menimbulkan mafsadar atau merusak agama, bangsa, dan negara,” katanya.

Amirsyah menjelaskan, pada ayat al-Anfal 36-37, “Sesungguhnya orang-orang kafir itu akan terus menggelontorkan harta benda mereka (mata uang dan lainnya) untuk mencegah masyarakat dalam menjalankan ajaran Allah SWT, mereka akan terus menggelontorkan harta mereka hingga menjadi bangkrut dan ludes. Setelah itu mereka dapat dikalahkan di dunia dan dikumpulkan di dalam neraka jahanam saat mereka mati. (banyak orang yang senang menerima gelontoran uang itu) dengan demikian Allah SWT menyaring orang orang yang kotor hatinya dari orang-orang yang bersih hatinya. Lalu Allah SWT mengumpulkan orang-orang yang kotor hatinya itu menjadi satu kelompok yang terikat satu sama lain. Lalu pada hari kiamat nanti Allah mengumpulkan mereka itu bersama-sama di dalam neraka jahanam. Itulah kerugian terbesar untuk mereka”.

“Politik uang telah dilekatkan dengan orang-orang kafir. Orang kafir itu identik dengan kecurangan dan politik uang sepanjang zaman di berbagai belahan bumi ini termasuk di Indonesia ini,” tandasnya.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.