Kamis, 04 Juni 2020

Pencarian Korban Longsor Nganjuk Diperpanjang Tiga Hari

Pencarian Korban Longsor Nganjuk Diperpanjang Tiga Hari

Foto: Pencarian Korban Longsor Nganjuk Diperpanjang Tiga Hari. (ist)

Surabaya, Swamedium.com – Pencarian terhadap korban tanah longsor di kecamatan Ngetos kabupaten Nganjuk diperpanjang selama tiga hari. Yaitu mulai senin kemarin hingga hari Rabu (19/4).

Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jatim Sudharmawan mengatakan Sudarmawan perpanjangan pencarian korban itu dilakukan dengan pertimbangan adanya alat berat (excavator) yang baru difungsikan Minggu sore. Selain itu para relawan juga masih semangat untuk melakukan pencarian korban.

“SOP pencarian korban bencana hanya tujuh hari, namun bisa diperpanjang atas kesepakatan semua pihak,” terangnya saat dihubungi melalui ponselnya, Selasa (18/4).

Dikatakan mantan Sekdakab Bangkalan ini,excavator yang diturunkan berjumlah 4 unit dan sudah bisa sampai ke lokasi operasi. Dengan adanya excavator itu proses pencarian korban diperkirakan lebih cepat, jika dibandingkan sebelumnya yang hanya menggunakan alat manual.

“Namun untuk kegiatan pencarian korban pada hari Minggu tersebut, belum ditemukan korban,” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya longsor lanjutan, BPBD Prov. Jatim mengharapkan aliran sungai yang tertutup dibuatkan sudetan agar air sungai bisa berjalan lancar. Jika tidak segera dilakukan maka dikuatirkan saat terjadi hujan lebat, sumbatan tanah yang menutup sungai menyebabkan banjir material yang membahayakan warga.

“BPPD Prov. Jatim telah berkoordinasi dengan Forpimda Kab. Nganjuk untuk pendirian posko lapang di dekat lokasi kejadian. Disamping itu juga dibentuk Struktur Komando Tanggap Darurat dan Pos Komando di kantor BPPD Kab. Nganjuk,” pungkasnya. (Ari)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.