Senin, 28 September 2020

Demo Freeport di PN Timika Rusuh, Kapolres Mimika Tertembak

Demo Freeport di PN Timika Rusuh, Kapolres Mimika Tertembak

Timika, Swamedium.com- Demo Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) PT Freeport Indonesia (PTFI) di Pengadilan Negeri (PN) Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (20/4/) rusuh. Kapolres Mimika dan empat orang anggota SPSI Freeport terluka terkena tembakan peluru karet.

Seperti dilaporkan okezone, kerusuhan itu berawal ketika terdakwa Sudiro yang merupakan ketua PUK SPSI SP-KEP PTFI keluar dari PN Kota Timika. Sudiro didakwa dalam kasus dugaan penggelapan iuran keanggotaan SPSI Freeport.

Saat Sudiro di evakuasi dan masuk ke dalam mobil tahanan Kejaksaan, massa kemudian menghalangi mobil sambil meneriakkan bebaskan Sudiro. Polisi yang berjaga, mencoba menenangkan massa, dan minta tidak menghalangi mobil kejaksaan.

Namun ternyata, dari kerumunan massa ada yang melempar batu kearah aparat sehingga membuat siatusi menjadi ricuh dan tidak terkendali.

Aparat kepolisian dan TNI kemudian tembakan peringatan ke udara, namun aksi massa semakin tidak dapat terkendali. Karena terdesak akhirnya aparat melontarkan gas air mata ke arah kerumunan massa untuk membubarkan.

Dalam situasi ricuh tersebut, terdapat empat orang dari massa simpatisan SPSI terkena tembakan peluru karet aparat, keempat orang tersebut langsung dilarikan ke RSUD Mimika.

Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon yang saat itu sedang berada di tengah-tengah kerumunan massa ikut terkena tembakan peluru karet yang nyasar.

“Kapolres dan empat orang kena luka tembak masuk ke RSUD,” kata Humas RSUD Mimika, Luky Mahakena.

Ke empat anggota SPSI Freeport yang terkena tembakan adalah Muhammad Faidsal (25) luka tembak di bagian bokong, Zainal Arifin (44) luka tembak di bagian paha kanan, Puguh Prihandono (39) luka tembak di kaki kanan, Andrian W. Santoso (38) luka tembak di bagian kaki kanan. (*/d)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.