Kamis, 21 Januari 2021

Divonis Bersalah 2 Tahun Penjara, Dahlan Iskan Langsung Banding

Divonis Bersalah 2 Tahun Penjara, Dahlan Iskan Langsung Banding

Foto: Divonis bersalah 2 tahun penjara, Dahlan Iskan langsung banding. (ist)

Surabaya, Swamedium.com- Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan divonis 2 tahun penjara hakim pengadilan Tipikor Surabaya, Jumat (21/4). Dahlan dinyatakan terbukti bersalah atas pelepasan aset PT PWU (Panca Wira Usaha) Jatim pada tahun 2000-2010.

Banner Iklan Swamedium

Ketua Majelis Hakim Tahsin SH mengatakan, terdakwa bersalah karena terbukti tidak menjalankan tugasnya sebagai Dirut PT PWUJatim dengan baik dan benar.

”Majelis berpendapat yang memberatkan terdakwa yaitu sebagai jabatannya Dirut PT PWU Jatim tidak mendukung program pemerintah saat itu. Sedangkan yang meringankan terdakwa sopan dan tak pernah dihukum,” ungkapnya.

Vonis hakim ini lebih rendah dari tuntutan jaksa. Sebelumnya, JPU menuntut Dahlan Iskan enam tahun penjara dan denda Rp 750 juta subsider 6 bulan kurungan.

Dahlan Iskan usai putusan, langsung menyatakan banding.

Sekedar diketahui, Kejati Jatim telah menemukan adanya ketidakberesan pelepasan beberapa aset milik Pemprov Jatim yang dikelola oleh PT PWU Jatim selama periode tahun 2000-2010.

Saat itu, Dirut PT PWU Jatim adalah Dahlan Iskan dan Direktur Operasional Ir. Wisnu Wardhana.

Dalam pengembangan penyidikannya, pihak Kejati Jatim sempat menahan keduanya yang akhirnya dialihkan menjadi tahanan kota. Pihak penyidik menemukan adanya kerugian negara sebesar Rp 900 Miliar atas perbuatan pelepasan aset tersebut. (Ari)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita