Rabu, 15 September 2021

Konglomerasi Menindas Sektor UMKM

Konglomerasi Menindas Sektor UMKM

Foto: Konglomerasi yang kian menggerogoti pangsa pasar sudah seharusnya menjadi perhatian penting bagi pemerintah. (Iqlima/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com– Konglomerasi yang kian menggerogoti pangsa pasar sudah seharusnya menjadi perhatian penting bagi pemerintah, sebab konglomerasi tersebut mengakibatkan terjadinya ketimpangan yang sangat melebar terutama bagi sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Banner Iklan Swamedium

Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan membuka Kongres Ekonomi Ummat di Jakarta, Sabtu (22/4), yang bertujuan agar dapat tercapai stabilitas pertumbuhan dan pemerataan Ekonomi Indonesia serta memperkuat ekonomi umat Islam.

Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Ummat MUI, Muhammad Azrul Tanjung mengatakan, salah satu agenda dalam kongres tersebut adalah Penguatan sektor UMKM yang berlandaskan prinsip halal.

“Ini (Penguatan UMKM) akan diberi porsi besar dalam kongres ini. Sebab UMKM yang relatif lebih tahan terhadap krisis ekonomi dan mampu menyerap tenaga kerja hampir 97 persen dari total pekerja di Indonesia,” kata Azrul pada Konferensi Pers di Jakarta, Jumat (21/4).

UMKM kini sulit memperluas market share karena usaha-usaha besar mulai menguasai seluruh segmentasi dan target pasar.

“Usaha-usaha kecil susah mengakses pasar karena usaha besar memproteksi pasar. Kita bisa melalukan negosisasi kepada pengusaha besar agar produk UMKM bisa masuk ke pasar mereka,” lanjut Azrul.

Menurut data yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI), Saat ini baru 30 persen UMKM yang mampu mengakses pembiayaan dari total 570 ribu UMKM yang tersebar di Indonesia. Dari total tersebut, alokasi dana perbankan yang diperuntukan bagi UMKM hanya 20 persen.

Kongres Ekonomi Ummat tersebut juga akan berupaya menggerakkan ekonomi umat melalui Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, menjadi berbasiskan syariah dan menjadi pelaku usaha utama perekonomian nasional. Selain itu, juga akan mewujudkan mitra sejajar Usaha Besar dengan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam sistem produksi dan pasar terintegrasi. (Ima)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita