Rabu, 30 September 2020

Seekor Gajah Ditemukan Mati dengan Gading Terpotong di Gayo Lues Aceh

Seekor Gajah Ditemukan Mati dengan Gading Terpotong di Gayo Lues Aceh

Foto: Seekor gajah mati diracun dan gadingnya diambil di Gayo Lues, Aceh. (ist)

Banda Aceh, Swamedium.com— Pembunuhan gajah di Sumatera tak kunjung berhenti. Selasa (18/4) kemarin, warga Kecamatan Pining, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, menemukan seekor induk gajah mati dengan gading terpotong.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Sapto Aji Prabowo di Banda Aceh, Jumat (21/4), mengatakan, gajah tersebut diperkirakan mati setelah ditemukan warga dan dilaporkan ke BKSDA.

“Laporan yang kami terima dari masyarakat pada Selasa (18/4) menjelang maghrib. Tim BKSDA baru sampai ke lokasi Kamis (20/4) pagi,” kata Sapto Aji Prabowo seperti dilansir antaranews..

Diperkirakan, induk gajah tersebut mati beberapa hari sebelum tim tiba di lokasi. Gajah tersebut mati dalam kondisi belalai dan calik atau gading kecil sudah terpotong.

Disebutkan, menjelang kematiannya, induk gajah berusia sekitar 20-25 tahun tersebut ditunggu seekor anaknya yang berusia antara dua hingga lima tahun.

Menurut Sapto Aji, dugaan sementara gajah tersebut mati karena diracun. Sebab, lokasi gajah mati tersebut berada di sekitar alur air. Sebab, kebiasaannya, gajah terkena racun mencari sumber air.

“Namun, kematian gajah ini karena diracun atau tidak masih dugaan. Tim BKSDA masih melakukan pemeriksaan di lapangan penyebab kematian induk gajah tersebut,” kata Sapto Aji Prabowo.

Sapto Aji menegaskan, pihaknya sudah melaporkan kasus kematian gajah tersebut kepada kepolisian. Dan pihaknya berharap kasus kematian gajah bisa diungkap.

“Ini kasus pertama yang ditemukan di Kabupaten Gayo Lues . Jika gajah ini mati diracun, kami berharap polisi bisa mengungkap kasusnya, sehingga tidak terulang kasus serupa di kemudian hari,” kata dia.

Terkait anak gajah yang ditemukan dekat induknya yang mati, Sapto Aji Prabowo mengatakan, pihaknya masih memantau perkembangan anak gajah tersebut.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.