Minggu, 17 Januari 2021

Warga Jakarta Menanti Realisasi Janji Rumah DP 0 Rupiah

Warga Jakarta Menanti Realisasi Janji Rumah DP 0 Rupiah

Foto: Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Gubernur DKI Jakarta Baru Anies Baswedan menemukan fakta hampir 50% dari penduduk Jakarta tidak punya tempat tinggal sendiri saat blusukan di kampung-kampung ibukota. Hal ini menjadi pekerjaan rumah penting yang harus diselesaikan Gubernur DKI baru melalui program rumah DP Nol rupiah.

Banner Iklan Swamedium

Anies mengatakan pengalaman blusukan selama kampanye ke pojok kampung-kampung di Jakarta yang belum pernah ditemui sebelumnya mengungkapkan fakta yang membuatnya miris, yaitu ketimpangan sosial yang parah terjadi di Jakarta, tidak jauh dari pemerintah pusat.

“Kemiskinan yang parah. Banyak warga yang tidak punya rumah, hanya ngontrak. Sekitar 49%, hampir 50% tidak punya rumah. Air yang dipakai saat berwudhu saja kotor, bahkan bau,” kata dia saat hadir dalam acara Tasyakuran Kemenangan Anies Sandi di Masjid Sunda Kelapa, Kamis malam (20/4).

Karena itu, Anies berjanji akan mengurangi ketimpangan sosial itu untuk menciptakan persatuan seluruh warga.

“Ketimpangan tanpa keadilan sosial, tentu sulit untuk menciptakan persatuan. Persatuan itu harus dalam keadilan,” ungkap dia.

Sebagian warga yang ditemui, Swamedium.com mengaku gembira jika dirinya bisa mendapatkan rumah DP 0 rupiah tersebut. Mereka juga mengerti bila rumah yang dijanjikan gubernur baru tersebut bentuknya adalah rumah susun karena harga tanah di Jakarta sangat mahal.

“Saya belum punya rumah. Senang bila bisa ikut program DP Nol Rupiah. Terus mencicilnya berapa ya, Syaratnya apa ya,” kata Ibu Ana, warga Jakarta Barat itu dengan antusias.

BI Siap

Sementara itu, Bank Indonesia (BI) memberikan sinyal bahwa program Kredit Perumahan Rakyat (KPR) dengan uang muka atau down payment (DP) nol rupiah bisa saja diwujudkan.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara menjelaskan, janji kampanye yang dilontarkan pasangan gubernur terpilih (secara hitung cepat) Anies Baswedan dan Sandiaga Uno ini bisa berjalan asal ada jaminan dari pemerintah.

Hanya saja, Tirta menolak menjelaskan seperti apa jaminan pemerintah yang ia maksud demi mewujudkan program DP rumah nol persen tersebut. “Saya tidak mau komentar. Regulasi tetap berlaku. Kalau dijamin pemerintah bisa saja. Tapi saya belum bisa diberikan informasi lebih. Dibaca dulu nanti aturannya,” jelas Tirta
di Bank Indonesia sebagaimana dikutip republika.co.id, Kamis (20/4).

Seperti diketahui, masyarakat DKI Jakarta sedang menanti realisasi janji kampanye terkait DP rumah nol persen. Hingga saat ini, perbankan masih menunggu aturan dari BI untuk menjalankan program tersebut. Alasannya, pada program yang diperuntukkan bagi masyarakat luas itu, perbankan akan menalangi DP calon debitur.(*)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita