Senin, 18 Januari 2021

Masih Ada Properti Harga 300 Jutaan Di Jakarta

Masih Ada Properti Harga 300 Jutaan Di Jakarta

Jakarta, Swamedium.com – Sejak kampanye sampai sekarang keluar sebagai pemenang Pilkada DKI Jakarta, program rumah tanpa uang muka (DP Nol Rupiah) dengan harga rumah ditaksir Rp350 juta yang diusung oleh Anies-Sandi masih menuai perdebatan. Yang tidak suka dengan gubernur baru mencibir, itu program bohong. Dengan uang Rp350 juta rupiah, apa dapat rumah di Jakarta? Harga tanah di Jakarta sudah sangat mahal?

Banner Iklan Swamedium

Di lokasi-lokasi strategis, menurut Data Arsito Bangun Selaras 2016, harga tanah sudah dikisaran Rp15 juta sampai Rp200 juta per meter persegi. Bagaimana mungkin mendapatkan rumah dengan uang hanya Rp350 juta?

Jangan khawatir, ternyata, uang sebesar Rp350 juta itu masih bisa mendapatkan hunian vertikal atau rusunami di Jakarta, walaupun tidak ikut program DP Nol Rupiah sekalipun lho.

Bahkan, pemerintah memberikan subsidi untuk pembelian rumah susun sederhana milik (rusunami) bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Harga rusunami subsidi ditetapkan tak lebih dari Rp 250 juta dengan luas maksimal 36 meter persegi. Artinya, program DP Nol Rupiah itu sejalan dengan agenda dari pemerintah pusat.

Mantan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro pada tanggal 31 Desember 2015 juga telah menandatangani Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 269/PMK.010/2015 tentang Batasan Harga Jual Unit Hunian Rumah Susun Sederhana Milik dan Penghasilan Bagi Orang Pribadi Yang Memperoleh Unit Hunian Rumah Susun Sederhana Milik. PMK ini mulai berlaku pada 8 Januari 2016.

Tak semua konsumen juga bisa membeli rumah susun tersebut. Masyarakat berpenghasilan rendah yang bisa membeli rumah susun ini adalah mereka yang punya batasan penghasilan tak lebih dari Rp7 juta per bulan.

Daftar rusunami yang masuk diharga Rp300 jutaan sebagai berikut;

Sentraland Cengkareng, Jakarta Barat

Sentraland Cengkareng merupakan rusunami yang dibangun di Cengkareng tepatnya di Jalan Kamal Raya, Cengkareng Timur, Jakarta Barat. Di bangun di atas lahan seluas 4,5 hektar, lokasi Sentra Land Cengkareng terbilang cukup strategis karena dekat dengan Bandara Soekarno-Hatta, stasiun kereta Rawa Buaya dan akses Tol JORR & Tol Sediyatmo. Rusunami ini dijual Rp 250 jutaan

Rusunami Bandar Kemayoran

Rusunami Bandar Kemayoran dibangun oleh Perumnas tepatnya di Jalan Rajawali Utara, Pademangan Timur, Pademangan, Jakarta Utara. Lokasi hunian vertikal ini cukup stategis karena dekat dengan tol kemayoran, PRJ, Sunter, Mangga Dua, dan Kelapa Gading. Harga rusunami ini dijual Rp259 juta dengan angsuran mulai dari Rp 1,5 jutaan sebulan.

Apartemen Sentra Timur Residence, Pulo Gebang Jakarta Timur

Apartemen ini dibangun oleh Perum Perumnas bekerja sama dengan PT Bakrie Pangripta Loka, anak usaha PT Bakrie Swasakti Utama. Apartemen yang berlokasi di jalan Sentra Primer Timur, Cakung, Jakarta Timur yang baru selesai dibangun tahun 2015 ini ada 6 tower dan 2357 unit. Harga jualnya mulai dari kisaran Rp300 juta.

Keunggulan apartemen yang berdiri di atas lahan seluas 8 hektar ini adalah banyaknya area terbuka hijau yang mendukung aktivitas luar ruang seluruh penghuni. Selain itu, dengan lokasi yang strategis dekat dengan Terminal Angkutan Umum terbesar se-Asia Tenggara, Terminal Pulogebang, apartemen ini menawarkan akses yang mudah terhadap fasilitas transportasi umum. Apartemen dekat dengan exit tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) yang dekat dengan Terminal Sentra Timur Pulogebang. Hal ini bisa memanjakan para penghuni yang bekerja di tengah kota Jakarta.

Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Pusat

Tidak seperti rumah susun (rusun) lain pada umumnya, Wisma Atlet Kemayoran dirancang untuk memenuhi standar sebagai athlete village yang dapat memberikan kenyamanan saat penghuninya beristirahat. Tentu saja, bangunan fisiknya bagus, bahkan disebut lebih bagus dari rusunami Kalibata City di Jakarta Selatan.

Pembangunan rusun yang dimulai pada Maret 2016 ini menempati area seluas 10 hektar. Direncanakan akan dibangun sebanyak 10 tower dan 7.426 unit.
Setelah dipakai sebagai tempat menginap atlet Asea Games yang akan berlangsung pada Mei ini, wisma atlet ini direncanakan bisa disewa atau dijual dengan kisaran harga 300 jutaan.

Selain beberapa rusun dan rusunami tadi, saat ini pemerintah juga sedang mempersiapkan pembangunan di beberapa wilayah di Jakarta. Artinya, warga Jakarta tidak perlu khawatir gubernur baru tidak bisa memenuhi janjinya. Apalagi soal DP tersebut, Wagub. Sandiaga Uno mengisyarakatkan bahwa Pemprov.bakal mengalokasikan dana Rp2.5 triliun-Rp3 triliun untuk subsidi uang mukanya. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita