Rabu, 20 Januari 2021

Saat Anies Curhat Keselamatan Berkendara dengan RSA

Saat Anies Curhat Keselamatan Berkendara dengan RSA

Bogor, Swamedium.com – Kondisi lalu lintas di Indonesia yang semakin hari semakin sengkarut menghasilkan segudang permasalahan. Bukan hanya bagi para pemegang kebijakan juga dialami oleh para pengguna jalan.

Banner Iklan Swamedium

Salah satunya yang dialami oleh Anies (40), seorang warga Citeureup saat dirinya menjadi korban dari perilaku negatif pengguna jalan.

“Saya adalah korban dari pemakai jalan yang melawan arah. Motor saya rusak ditabrak, dan saya pun luka-luka,” ujarnya saat sesi diskusi pelatihan keselamatan jalan yang diselenggarakan Road Safety Association (RSA) Indonesia di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/4).

Kendati begitu, Anies merasa beruntung karena luka yang dialaminya tidak terlampau parah.

“Untungnya nggak terlalu parah luka saya, makanya jangan pernah melawan arah deh, kalau mau cepat ya berangkatnya lebih pagi,” tandasnya.

Dalam kesempatan sebelumnya, Rio Octaviano, Badan Kehormatan RSA Indonesia yang menjadi pemateri pagi itu mengungkapkan, menjadi pengguna jalan sebenarnya mudah, dengan menerapkan 3 aspek, yaitu, Rules (aturan), Skills (keterampilan) dan Attitude (perilaku).

“Implementasikan 3 aspek RSA, Rules, Skills dan Attitutde secara simultan saat kita berkendara. Pahami aturan, miliki keterampilan berkendara dan berperilaku positif di jalan raya,” ujarnya.

Sekadar diketahui, di Indonesia tiap satu jam, ada 3 nyawa melayang akibat kecelakaan lalu lintas jalan raya. Dan porsi terbesar pemicu kecelakaan adalah aspek manusia.

“Kami berkeyakinan dengan membenahi manusianya, perilaku, kebiasaan, angka kecelakaan dapat menurun,” pungkasnya. (ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita