Senin, 18 Januari 2021

25 April, Sidang Lanjutan ke-20 Penistaan Agama

25 April, Sidang Lanjutan ke-20 Penistaan Agama

Jakarta, Swamedium.com — Persidangan kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan kembali digelar pada Selasa (25/4) di Auditorium Kementerian Pertanian, Jl RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan.

Banner Iklan Swamedium

Sidang ke-20 kali ini akan mendengarkan pembacaan nota pembelaan atau pledoi dari Ahok secara pribadi dan dari penasehat hukum (PH) Ahok.

“Persidangan esok hari, agendanya mendengarkan Ahok membacakan pembelaan pribadinya di hadapan persidangan, selain itu juga ada pembacaan pledoi dari PH Ahok”, jelas Koordinator Tim Persidangan GNPF MUI Nasrulloh Nasution, Senin (24/4).

Ditemui di kawasan Condet, Jakarta Timur, Nasrulloh menyampaikan bahwa agenda pembacaan pledoi pada persidangan besok merupakan hak yang diberikan oleh KUHAP kepada Terdakwa untuk menangkis tuduhan dan analisis hukum Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang tertuang di dalam surat dakwaan dan surat tuntutan.

“Pasal 182 KUHAP memberikan hak kepada Ahok dan atau penasehat hukumnya untuk mengajukan Nota Pembelaan atau Pledoi setelah JPU mengajukan tuntutan pidana,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, Pasal 182 KUHAP telah memberikan hak sekaligus kesempatan yang diberikan kepada Terdakwa dan Penasehat Hukumnya untuk membela diri dengan mengatakan dirinya tidak bersalah. Dengan catatan yang dimilikinya, pihak Ahok diberikan hak yang sama untuk membantah segala tuduhan yang dialamatkan kepadanya.

Seperti diketahui, pada sidang pekan sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum mengenakan tuntutan 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun, yang artinya jika terdakwa tidak melakukan tindak pidana selama 2 tahun maka terdakwa tidak dipenjara. (ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita