Selasa, 19 Januari 2021

Anies Siap Cabut Larangan Takbir Keliling dan Pemotongan Hewan Kurban di Sekolah

Anies Siap Cabut Larangan Takbir Keliling dan Pemotongan Hewan Kurban di Sekolah

Jakarta, Swamedium.com – Jika sudah dilantik, Gubernur DKI Jakarta Terpilih Anies Baswedan berjanji akan mencabut larangan umat Islam untuk melakukan takbir keliling dan pemotongan hewan kurban di sekolah-sekolah di saat Hari Raya Kurban. Larangan takbir keliling dan pemotongan hewan kurban di sekolah itu mengemuka sejak pertengahan tahun lalu.

Banner Iklan Swamedium

Anies Baswedan yang akan dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta menggantikan Basuki Tjahaya Purnama pada Oktober ini memastikan bakal mengizinkan takbir keliling yang biasa dilakukan oleh umat Islam dalam perayaan hari raya Islam, seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

“Insya Allah nanti takbir keliling kita akan lepas sama-sama di Jakarta ini. Masak, orang Betawi enggak boleh takbiran?” kata Anies saat menghadiri Milad Pondok Pesantren Al Itqon, Jalan Haji Selong, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (24/4/2017).

Tak hanya memperbolehkan takbir keliling, Anies mengatakan Pemprov DKI juga akan mengizinkan pemotongan hewan kurban di sekolah pada tiap Hari Raya Idul Adha.

Pada 2014, Basuki Tjahaja Puranama atau Ahok sempat mengeluarkan Instruksi Gubernur (Insgub) Provinsi DKI Jakarta Nomor 67 Tahun 2014 tentang Pengendalian Penampungan dan Pemotongan Hewan dalam Rangka Menyambut Idul fitri dan Idul Adha Tahun 2014/1435 H.

Insgub tersebut mengatur Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengendalikan lokasi pemotongan hewan kurban di sekolah, baik untuk SD, SMP dan SMA. Peraturan itu meliputi pelarangan kegiatan pemotongan hewan kurban di lokasi sekolah pendidikan dasar (SD).

“Nanti potong kurban di sekolah kita izinkan lagi,” ucap Anies.

Sementara terkait takbir keliling, Ahok pernah mengatakan, Pemprov DKI melarang takbir keliling di Jakarta dan meminta aparat dari kepolisian dan Satpol PP menyisir warga yang melakukan konvoi takbir keliling.

Larangan itu disampaikan oleh Wakil Gubernur Jakarta Djarot Syaiful Hidayat saat memimpin rapat forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) di Balai Kota, Rabu (29/6) tahun lalu. Larangan Pemrov. DKI itu bakal dicabut Anies setelah dirinya dilantai sebagai Gubernur DKI Jakarta. (*)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita