Selasa, 26 Januari 2021

Gempa Tasikmalaya Dinihari Terasa Hingga ke Jawa Tengah

Gempa Tasikmalaya Dinihari Terasa Hingga ke Jawa Tengah

Foto: Lokasi gempa sekitar 96 kilometer arah baratdaya Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.(*)

Bandung, Swamedium.com—Gempa tektonik mengguncang wilayah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (24/4) dinihari. Gempa dengan kekuatan 5,0 Skala Richter dirasakan hingga Jawa Barat.

Banner Iklan Swamedium

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Drs. Moch. Riyadi, MSI di laman BMKG menyebutkan pusat gempabumi terletak pada koordinat 8,07 LS dan 107,83 BT, tepatnya di tepi bagian utara cekungan busur muka (fore arc basin) Samudera Hindia, pada jarak sekitar 96 kilometer arah baratdaya Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, pada kedalaman hiposenter 63 kilometer.

Getaran gempa dengan skala III Modified Mercally Intensity (MMI) dirasakan di di Tasikmalaya, Pameutingan, Singaparna, Sindangbarang, Pengalengan, dan Pangandaran. Guncangan lemah juga dirasakan di Sukanegara, Pangandaran, Banjar, Bandung, Sumedang, Garut, dan Bogor.

Menurut pantauan tim swamedium di media sosial, pemilik akun @hanahanif99 menulis getaran gempa juga dirasakan hingga wilayah Jawa Tengah dan juga dirasakan hingga wilayah Pacet Cipanas serta Kota Bandung.

Tidak Berpotensi Tsunami
Meskipun epicentrum Gempabumi tersebut berasal dari laut dan merupakan mekanisme pergerakan naik (thrust faiult) , namun tidak berpotensi Tsunami. Wilayah selatan pulau Jawa memang merupakan wilayah yang terancam oleh Bencana Gempa Bumi dan Tsunami, hal ini dikarenakan selatan pulau Jawa di lalui oleh lempeng tektonik Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia dengan laju 70 mm/ tahun. Kedua jenis bencana ini tak akan dapat dielakkan. (avid/kontributor bandung)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita