Jumat, 02 Oktober 2020

Inilah Rekomendasi Hasil Kongres Ekonomi Umat

Inilah Rekomendasi Hasil Kongres Ekonomi Umat

Jakarta, Swamedium.com — Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat menyelenggarakan Kongres Ekonomi Umat Islam dengan tema “Arus Baru Ekonomi Indonesia” di Hotel Sahid, Jakarta, Sabtu sampai Senin (22-24/4).

Kongres fokus membahas kesenjangan dan langkah-langkah pemerataan serta upaya redistribusi aset sebagai amanah langsung dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Kongres Ekonomi Umat ini berangkat dari kenyataan atas kondisi ekonomi bangsa Indonesia semakin timpang, baik dari sisi pendapatan maupun penguasaan aset-aset ekonomi,” ujar Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Pusat, M Azrul Tanjung, di Jakarta, Jumat (21/4).

Kongres melahirkan beberapa poin pembentuk arus baru perekonomian yang dideklarasikan oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla, di Jakarta, Senin (24/4), serta menargetkan 2017 sebagai Tahun Kebangkitan Ekonomi Umat.

Selain melahirkan Deklarasi, Kongres Ekonomi Umat memiliki sasaran kajian dan rekomendasi aksi ekonomi umat. Hal ini disampaikan oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla saat menutup rangkaian Kongres tersebut, Senin (24/4).

Rekomendasi pertama adalah pembagian tugas dalam menghimpun pusat data dan kajian pemberdayaan ekonomi umat.

Rekomendasi kedua adalah distribusi dan kerjasama dalam berbagai kajian pemberdayaan ekonomi umat yang dikaitkan dengan isu-isu perkembangan lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal, nasional, aupun global.

Rekomendasi ketiga adalah tersusunnya rekomendasi langkah aksi ekonomi umat yang dapat dilaksanakan secara sinergis sebagai upaya nyata pemberdayaan ekonomi umat.

Rekomendasi keempat adalah menyepakati penerbitan/jurnal/majalah/media online pemberdayaan ekonomi umat di Indonesia.

Rekomendasi kelima adalah pemberian apresiasi bagi pelaku usaha muslim teladan secara berkala versi majalah atau media online pemberdayaan umat.

Sedangkan beberapa langkah aksi kajian dan rekomendasi aksi ekonomi umat antara lain MUI menegaskan perlunya pemerintah menciptakan dan mendorong pertumbuhan ekonomi berkeadilan dengan penekanan perlunya pemerintah menciptakan dan mendorong pertumbuhan ekonomi berkeadilan dengan penekanan pada pemerataan ekonomi.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.