Minggu, 19 September 2021

Kurang Perhatikan Kata Sandi, Keamanan Internet Banking Diragukan

Kurang Perhatikan Kata Sandi, Keamanan Internet Banking Diragukan

Foto : Ilustrasi (http://maxpixel.freegreatpicture.com)

Jakarta, Swamedium.com — Transaksi jual beli di masa modern ini bisa dilakukan dimana saja, salah satu layanan transaksi yang digunakan adalah Internet Banking.

Banner Iklan Swamedium

Baru-baru ini tepatnya di Jumat 21 April 2017 salah satu perusahaan jasa keuangan dan Bank Internasional Amerika Wells Fargo mengatakan dalam akun redditnya ada beberapa bank di Amerika Serikat mengabaikan masalah aturan penggunaan kata sandi. Aturan penggunaan kata sandi ini menurutnya harus menggunakan sifat sensitif terhadap karakter kata sandi yang digunakan.

Hal ini pun dikonfirmasi oleh chase.com salah satu bank internasional Amerika bahwa beberapa rekening tabungan dari Capital One dan American Express tidak menggunakan sensitif karakter pada kata sandinya.

Menurut seorang ahli dalam bidang kata sandi dan peneliti keamanan Per Thorsheim mengatakan jika menggunakan kata sandi yang karakternya tidak sensitif sendiri bukan salah satu dari masalah keamanan yang besar. Sebetulnya dengan menggunakan kata sandi non sensitif karakter ini memudahkan hacker dalam mengambil alih akses berupa akun atau akses yang lainnya.

Perlu diketahu, karakter sensitif yang dimaksudkan oleh Per Thorsheim ini adalah menggunakan kata sandi dengan menggabungkan karakter alfabet, simbol dan angka ke dalam kata sandi yang akan digunakan sebagai akses masuk. (*/rk)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita