Jumat, 17 September 2021

Sandiaga: Payung Hukum Program Rumah DP 0 Rupiah Akan Disiapkan

Sandiaga: Payung Hukum Program Rumah DP 0 Rupiah Akan Disiapkan

Jakarta, Swamedium.com – Setelah resmi menjabat gubernur dan wakil gubernur baru DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan segera menyiapkan peraturan daerah (Perda) sebagai payung hukum untuk merealisasikan program rumah DP Nol Rupiah untuk warga Jakarta. Untuk tahun pertama, rencananya dana antara Rp2,5-Rp3 triliun bakal dipersiapkan oleh Pemprov.

Banner Iklan Swamedium

Wagub.Sandiaga Uno berjanji akan merealisasikan semua program yang digagasnya pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017. Salah satu program yang akan direalisasikan adalah program rumah DP Nol Rupiah. Setelah nanti resmi menjabat menjadi wakil gubernur DKI, Sandiaga akan membuat peraturan daerah mengenai program rumah tersebut.

“Program rumah DP Rp 0, kami pastikan harus ada payung hukumnya. Sekarang dipastikan program yang dinikmati rakyat jangan sampai tersendat,” kata Sandiaga di Masjid At-Taqwa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sandiaga mengatakan, saat ini tim transisi sedang merumuskan agar program tersebut dapat terlaksana. Bahkan, dia sudah merencanakan besaran anggarannya, yaitu untuk tahun pertama, diperkirakan dana yang diperlukan antara Rp 2,5-3 triliun.

Dia berharap agar pengembang yang nanti digandeng tidak mengambil untung yang terlalu banyak. Ia mengkhawatirkan, jika mengambil untung terlalu banyak kualitas rumah yang disediakan akan tidak baik.

“Kalau ambil untung terlalu banyak akhirnya rumahnya kualitasnya tidak terlau baik dan akhirnya yang dirugikan warga sendiri. Ini yang akan kami pastikan dan kami ingin kolaborasi, karena kami akan hadirkan sisi pembiyaan yang inovatif,” kata dia.

Seperti diketahui, kemenangan Anies-Sandi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta membawa harapan baru khususnya bagi warga Jakarta untuk memiliki tempat tinggal yang layak dan lokasinya tidak jauh untuk mencari nafkah. DP 0% adalah suatu keniscayaan dan harus didukung semua komponen.Program rumah tanpa DP itu memang tidak sesuai dengan aturan perbankan yang mensyaratkan DP untuk KPR. Tetapi, keberpihakan pemprov. terhadap rakyat kecil ini bisa direalisasikan dengan menyiapkan payung hukumnya.

Menurut Praktisi Properti Syariah M. Salim Pitriono, program rumah tanpa DP itu sudah banyak dilaksanakan oleh pengembang properti syariah di beberapa wilayah.

“Di daerah Bogor ada perumahan dengan konsep properti syariah melaksanakan program Tanpa DP atau DP 0% jadi ini suatu keniscayaan” jelas dia.

Dia menambahkan, perumahan tersebut pembiayaannya tanpa menggunakan bank, jadi prosesnya lebih mudah.

Seperti diketahui, konsep properti syariah ini memang unik dan baru berkembang sekitar tahun 2015. Keunggulannya adalah Tanpa Riba yaitu suatu dosa besar yang banyak ditemui ditransaksi yang tidak Islami.

Tanpa Denda yaitu pembeli tidak akan dikenakan biaya denda jika ada keterlambatan bayar. Tanpa Sita yaitu rumah yang sudah dibeli tidak akan disita jika sudah tidak mampu membayar. Tanpa Akad Batil yaitu transaksi terjadi hanya ada dua belah pihak.

Sebagai penutup, Salim mengharapkan Pemda DKI bisa menerapkan program DP 0% ini bagi warga Jakarta, sehingga mereka bisa mempunyai rumah bukan hanya tanpa DP, tapi juga tanpa riba, tanpa denda, tanpa sita dan tanpa akad batil. Dengan demikian, warga Jakarta apalagi yang berupah UMR bisa menikmati rumah sebagai rumahku surgaku Baiti Jannati. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

1 Comment

  1. yulida

    Gmna cranya agr bs dpet rmh dp 0 yg program pak anies sandie,mau dong program nya q mlih pak anies sandie loh he he alhamdulillah menang

    Reply

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita