Senin, 25 Januari 2021

Beri Dukungan Kepada Majelis Hakim, Orator Ini Ajak Umat Islam Long March 28 April ke PN Jakpus

Beri Dukungan Kepada Majelis Hakim, Orator Ini Ajak Umat Islam Long March 28 April ke PN Jakpus

Foto: Seorang orator mengajak peserta Aksi untuk long march pada Jumat 28 April dari masjid Istiqlal ke PN Jakpus. (Nael/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Terdakwa penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memberikan pembelaan atau pledoi dalam sidang kasusnya di Auditorium Kementerian Pertanian, Jl RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (25/4).

Banner Iklan Swamedium

Di luar gedung, umat Islam yang menuntut keadilan ditegakkan mengajak publik untuk mengawal kasus ini hingga pembacaan vonis dengan melakukan long march.

Hal itu disampaikan salah seorang orator dari atas mobil komando pada Aksi Simpatik Kepung Sidang Ahok.

“Mari lanjutkan di Masjid Istiqlal dengan shalat Jumat dan long march, karena PN Jakut sedang pindah ke sana, kita long march ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat di Jalan Gajah Mada,” kata orator tersebut di lokasi, Selasa (25/4).

Orator itu juga mengajak agar publik terus mengawal kasus ini pada 5 Mei yang mengagendakan tanggapan Jaksa terhadap pledoi atau replik, hingga putusan atau vonis yang direncanakan akan dibacakan majelis hakim pada 9 Mei 2017.

“Kita beri dukungan kepada majelis hakim supaya dapat memvonis penista agama. Kita doakan majelis hakim supaya berani menjatuhkan vonis,” kata orator lagi yang disambut dengan takbir oleh masyarakat yang hadir siang itu.

Seperti diketahui, JPU membuktikan terdakwa Ahok melanggar pasal 156 KUHP tentang ungkapan kebencian kepada suatu golongan dan dituntut hukuman 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun. Namun JPU tidak menyatakan Ahok bersalah untuk pasal 156a KUHP tentang penodaan agama. Tuntutan JPU tersebut dinilai sama dengan menyatakan Ahok bebas, karena secara subtansi dia tidak akan dipenjara kecuali jika melakukan pelanggaran yang sama selama masa percobaan 2 tahun. (ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita