Minggu, 24 Januari 2021

Pemprov Jatim Gandeng Lantamal V Renovasi 1.825 RTLH Di Kawasan Pesisir

Pemprov Jatim Gandeng Lantamal V Renovasi 1.825 RTLH Di Kawasan Pesisir

Foto: Sebanyak 1.825 rumah tidak layak huni di pesisir Kabupaten Jember direnovasi Pemprov Jatim dengan menggandeng Lantamal V. (ary/swamedium)

Surabaya, Swamedium.com—Pemerintah Provinsi Jawa Timur merenovasi sebanyak 1.825 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik masyarakat pesisir di Kabupaten Jember. Renovasi dilakukan dengan menggandeng pihak Lantamal V (Pangkalan Utama TNI AL V).

Banner Iklan Swamedium

Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf mengatakan pelaksanaan renovasi dilakukan karena kawasan pesisir rawan akan terkena bencana misalnya gelombang pasang, abrasi bahkan pencemaran limbah pengairan.

“Kami sangat senang dan bersyukur atas pelaksanaan RTLH bagi masyarakat pesisir ini. Semoga upaya ini dapat mengurangi dampak bencana tersebut dan tentunya mampu meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan masyarakat. Saya berharap setiap tahun jumlah rumah yang direnovasi terus meningkat, dan tentunya membawa berkah bagi kita semua,” kata pria yang akrab dipanggil Gus Ipul ini saat dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (25/4).

Mantan Ketum Ansor ini mengatakan pelaksanaan RTLH di kawasan pesisir ini, juga mempertimbangkan faktor rumah sehat.

”Diantaranya memiliki ventilasi udara, pencahayaan yang baik, lantai kedap air, serta atap dan langit-langit yang tidak terlalu pendek agar tidak menimbulkan panas,” ungkap mantan Menteri PDT ini.

Sementara itu, Danlantal V Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto mengatakan program RTLH tahun ini dimulai dari pendataan fisik berupa gambar hingga status kepemilikan. Materi pembangunan rumah ini sendiri meliputi perencanaan renovasi, ketentuan ukuran 5×6 m2, dan diutamakan pembangunan lantai plesteran semen pesir, pembangunan dinding semi permanen satu meter dan dinding papan atau kalsiboard.

Ditambahkan oleh Edi Sucipto, pembangunan dan renovasi RTLH bagi masyarakat pesisir ini telah memasuki tahun ketiga. Dimana pada tahun 2015 telah dibangun sebanyak 1.600 rumah, dan di tahun 2016 sebanyak 1.025 rumah. Program RTLH tahun ini dimulai dari pendataan fisik berupa gambar hingga status kepemilikan. (Ari/kontributor Surabaya)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita