Selasa, 19 Januari 2021

Besok DPR Gulirkan Hak Angket KPK di Rapat Paripurna

Besok DPR Gulirkan Hak Angket KPK di Rapat Paripurna

Foto: Klarifikasi Fahri Hamzah dilakukan sebagai tanggapan namanya, Fadhli Zon serta Syahrini (artis) disebut-sebut dalam persidangan Tipikor kasus suap pajak pada hari Senin (20/3). (Jamal/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — DPR akan kembali menggelar rapat paripurna pada hari Kamis (27/4) besok.

Banner Iklan Swamedium

Agenda rapat direncanakan pembicaraan sejumlah UU tingkat II sekaligus pembacaan surat masuk usulan hak angket KPK yang digulirkan Komisi III DPR.

“Untuk besok, yang jelas surat dari Komisi III akan kami baca besok, kalau suratnya sudah masuk. Jadwalnya kebanyakan pengesahan pembicaraan tingkat II untuk UU seperti perbukuan, kebudayaan, dan beberapa UU lain,” ujar Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (26/4).

Mengenai bergulirnya hak angket ke KPK, Fahri mengatakan bisa saja anggota dewan menyetujui adanya hak angket untuk KPK. Jika disetujui, maka DPR akan membentuk panitia khusus (pansus).

“Dalam prosedur, usulan masuk dan di Bamus, maka usulan dibacakan di Paripurna. Saat paripurna bisa juga langsung ditanyakan tanggapan ke fraksi. Kalau disetujui, setelah itu dibentuklah pansus angket, kira-kira begitu prosesnya,” ujar Fahri.

Ia juga menjelaskan alasan DPR menggulirkan hak angket ke KPK karena ingin mengetahui apa yang terjadi di dalam KPK selama proses penyidikan.

Fahri menambahkan, bukan kali ini saja DPR menggulirkan hak angket.

“Sudah lama. Saya usulkan angket saat KPK menyeleksi kabinet, saat KPK mentersangkakan Budi Gunawan. Kenapa saat mau jadi Kapolri, ditersangkakan? Kenapa saat jadi kepala BIN tidak diganggu? Ini kan kayak main politik. Percaya saja, KPK kalau murni penegak hukum pasti tidak ada masalah. Siapa sih yang tidak ingin korupsi hilang?”, pungkas Fahri.

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita