Rabu, 28 Juli 2021

Kabar Buni Yani Ditahan Polda Metro dan Dibebaskan Bang Japar, Kabar Hoax

Kabar Buni Yani Ditahan Polda Metro dan Dibebaskan Bang Japar, Kabar Hoax

Jakarta, Swamedium.com — Beredar pesan berantai yang menyebutkan Buni Yani, tersangka pengunggah video pidato Ahok di Kepulauan Seribu, telah berhasil dibebaskan oleh Bang Japar, yang artinya Buni Yani sebelumnya sudah ditahan Polda Metro Jaya.

Banner Iklan Swamedium

Namun pesan berantai itu dipastikan hoax sebagaimana klarifikasi dari Buni Yani yang diterima redaksi swamedium.com,

Berikut isi klarifikasinya:

BERITA BUNI YANI DITAHAN POLDA METRO JAYA ITU HOAX!!

Assalamualaikum wr. wb.,

Pertama-tama saya ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya karena kawan-kawan di Bang Japar sudah berkomitmen mengawal kasus saya ini hingga selesai. Semoga Allah membalas amal baik ini dengan ganjaran yang setimpal.

Pada saat yang sama saya juga ingin meluruskan berita yang mengatakan saya ditahan Polda Metro Jaya itu tidak benar. Hari Selasa saya melakukan kegiatan seperti biasa dan saya tidak pernah ditahan.

Saya dan kawan-kawan Bang Japar berfoto di kantor pengacara untuk saling menyemangati dalam perjuangan, namun tiba-tiba foto tersebut menjadi viral dan diberi caption bahwa Bang Japar telah membebaskan saya dari tahanan. Sekali lagi saya ingin menegaskan itu hoax.

Saya menghimbau kepada semua pihak agar menjaga situasi yang sudah membaik ini dan tidak membuat berita yang bisa menimbulkan salah pengertian di masyarakat.

Semoga klarifikasi ini bisa meluruskan berita yang tidak benar di atas. Terima kasih.

Salam hormat saya,
Buni Yani

Sementara ketika dikonfirmasi, Ketua Umum Bang Japar, Fahira Idris membenarkan pesan berantai tersebut adalah hoax.

“Oh iya, tadi ada wartawan tanya ke saya tentang berita Buni Yani yang telah bebas dari tahanan. Mungkin nanti bila teman-teman dapat pertanyaan yang sama, bisa berkenan dan tolong ikut bantu jelaskan, bahwa berita tersebut adalah hoax, karena Buni Yani tidak pernah ditahan polda metro,” jelasnya.

Fahira juga menjelaskan bahwa proses saat ini, Buni Yani baru akan masuk proses pengadilan. Dan mengungkapkan bahwa foto Buni Yani bersama Bang Japar adalah foto saat Buni Yani berkonsultasi ke sekretariat Bang Japar.

“Buni Yani baru mau masuk proses peradilan. Foto yang tersebar dengan Bang Japar itu adalah foto di Mako Pusat hari ini (Selasa) 25 April 2017, sekaligus juga merupakan kantor Kuasa Hukum Buniyani (Aldwin Rahadian, Dewan Penasehat Bang Japar). Kebetulan setiap seminggu sekali Buni Yani konsultasi ke kuasa hukumnya. Mohon doanya agar Buni Yani bisa bebas dari segala tuntutan hukum,” pungkas Fahira. (ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita