Rabu, 27 Januari 2021

Komisi VIII DPR RI: Majelis Hakim Sidang Ahok, Tumpuan Rasa Keadilan Umat

Komisi VIII DPR RI: Majelis Hakim Sidang Ahok, Tumpuan Rasa Keadilan Umat

Foto: Dr. Ir. H. Sodik Mujahid,M.Sc anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Pledoi dari terdakwa kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah disampaikan di persidangan Selasa 24 April kemarin.

Banner Iklan Swamedium

Beberapa poin yang disampaikan dalam pembelaan tersebut, salah satunya adalah terdakwa merasa dirinya sebagai korban fitnah dan tidak mengakui perbuatannya sudah menistakan agama.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI yang membidangi urusan agama, sosial dan pemberdayaan perempuan, Dr Ir H Sodik Mujahid, MSc menilai jika terdakwa bersikukuh pada pendiriannya yaitu tidak mengaku bersalah dan menyatakan sebagai korban fitnah adalah hal yang wajar dilakukan.

“Jika terdakwa menghindar, mencari dalil untuk menguatkan posisinya dan tidak mengaku bersalah bahkan merasa difitnah, ya itu hal yang wajar. Namanya juga pembelaan diri,” ujarnya saat dihubungi swamedium.com, Rabu (26/4).

Namun, Sodik menyatakan ada ketidakwajaran dalam tuntutan yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap terdakwa Ahok.

“Cuma yang tidak wajar malahan tuntutan dari JPU, aneh rasanya. Tuntutan JPU melawan yurisprudensi, melawan saksi saksi yang dia hadirkan sendiri, melawan Fatwa MUI, permisif terhadap perilaku terdakwa terkait dengan buku dan penamaan password wifi,” tandasnya.

Sodik berharap, di tengah krisis turunnya wibawa hukum di mata masyarakat saat ini, majelis hakim persidangan Ahok dapat menghadirkan rasa keadilan bagi masyarakat. Panjangnya pengawalan masyarakat terhadap kasus ini sekarang tertumpu pada harapan hadirnya keputusan yang mampu menjawab rasa keadilan bagi masyakarat khususnya umat Islam. (avid/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita