Kamis, 28 Mei 2020

Pahami Ini Sebelum Memutuskan Berinvestasi

Pahami Ini Sebelum Memutuskan Berinvestasi

Foto: Waspada investasi bodong. (OJK)

Jakarta, Swamedium.com – Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi Otoritas Jasa Keuangan (Satgas Waspada Investasi OJK) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penawaran investasi yang menawarkan produknya tanpa izin dan menjanjikan imbal hasil yang tinggi tanpa risiko. Sebelum memutuskan berinvestasi, masyarakat harus mengetahui ciri-ciri perusahaan investasi yang benar.

Ketua Satgas Waspada Investasi OJK Tongam L. Tobing dalam siaran persnya mengimbau masyarakat agar sebelum melakukan investasi untuk memastikan beberapa hal berikut. Pertama, perusahaan yang menawarkan investasi tersebut memiliki izin usaha dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.

Kedua, memastikan bahwa pihak yang menawarkan produk investasi memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai mitra pemasar.

Selanjutnya ketiga, kita harus memastikan bahwa perusahaan atau pihak yang melakukan penawaran investasi tersebut, juga memiliki domisili usaha sesuai dengan izin yang dimilikinya.Kelima, pastikan jika terdapat pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah dalam media penawarannya telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kemudian, jika menemukan tawaran investasi yang mencurigakan, masyarakat bisa mengonsultasikan atau melaporkan kepada Layanan Konsumen OJK dengan nomer 1500655, email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id.

Beberapa hal tersebut perlu diperhatikan oleh masyarakat agar terhindar dari penipuan. Satgas Waspada Investasi OJK mencatat selama Januari hingga April 2017 ini, pihaknya sudah menghentikan kegiatan 26 entitas yang diduga menawarkan produk investasi ilegal.(ima)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.