Selasa, 22 Juni 2021

Prabowo Ingatkan 20 Tahun yang Lalu, Indonesia Pertama Kali Capai Puncak Everest

Prabowo Ingatkan 20 Tahun yang Lalu, Indonesia Pertama Kali Capai Puncak Everest

Jakarta, Swamedium.com – Tepat 20 tahun yang lalu bendera Merah Putih tertancap dan berkibar untuk pertama kalinya di puncak Gunung Everest, Pegunungan Himalaya, Nepal.

Banner Iklan Swamedium

Torehan prestasi monumental itu diciptakan tim ekspedisi Everest dari kesatuan TNI Kopassus, dan beberapa pencinta alam yang tergabung dalam Tim Nasional Ekspedisi Everest pada tahun 1997 silam. Saat itu, tim pendakian yang berjumlah 16 orang dibagi menjadi dua tim, 10 orang lewat jalur utara, Tibet dan 6 orang lainnya lewat jalur Selatan, Nepal.

Namun hanya tim pendakian yang lewat jalur Selatan saja yang pada akhirnya berhasil menggapai Puncak Sagarmatha, Gunung Everest, Pegunungan Himalaya, Kathmandu, Nepal itu.

“Hari ini tepat 20 tahun berkibarnya Sang Merah Putih di puncak tertinggi di dunia, saya ucapkan selamat atas putera puteri Indonesia yang telah mencapai Puncak Everest, marilah kita bersyukur telah memberikan sumbangan prestasi bagi bangsa Indonesia, sehingga bangsa Indonesia bisa berdiri tegak, setara dan sederajat dengan bangsa lain, jayalah selalu Negeriku,” ujar Prabowo Subianto melalui akun facebooknya, Rabu (26/4).

Tiga orang petugas yang berhasil meraih puncak gunung Everest tersebut diantaranya, Sersan Mayor Asmujiono, Mayor Infantri Misirin dan Kolonel Infantri Iwan Setiawan. Mereka berhasil mencapai Puncak Everest setelah melalui proses perjalanan panjang selama berminggu-minggu dan terpaan cuaca buruk sebelum menapakkan kakinya berada di puncak gunung tertinggi di dunia itu. Mereka juga mencatatkan diri sebagai orang Indonesia pertama yang dapat berdiri di puncak tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.848 meter diatas permukaan laut. (Jok/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita