Senin, 01 Juni 2020

Tolak Pabrik Pengolahan Limbah B3, Warga Lakardowo Mojokerto Demo Kantor Gubernur Jatim

Tolak Pabrik Pengolahan Limbah B3, Warga Lakardowo Mojokerto Demo Kantor Gubernur Jatim

Surabaya, Swamedium.com — Gara-gara air tanah di Lakardowo Mojokerto tercemar akibat adanya penimbunan limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) yang ditimbun oleh PT PRIA (Putera Restu Ibu Abadi), puluhan warga Lakardowo yang tergabung dalam Pendowo Bangkit melakukan aksi di depan kantor Gubernur Jatim, Rabu (26/4).

Dalam aksinya mereka mendesak Gubernur Jatim Soekarwo menutup operasional dari PT PRIA.

”Keberadaannya sangat meresahkan warga karena usahanya yaitu melakukan penimbunan limbah B3,” ungkap Sulaiman salah satu warga, Rabu(26/4).

Pria asli Lakardowo ini mengatakan akibat adanya pencemaran limbah B3 yang ditimbun oleh PT PRIA, kualitas air tanah bagi warga menurun.

”Air sumur kami sudah tercemar akan limbah. Kami mohon gubernur untuk menghentikan operasional PT PRIA,” jels Sulaiman.

Sementara itu, koordinator PT PRIA, Nurasim mengatakan pihaknya berharap Gubernur Jatim Soekarwo menurunkan tim untuk melakukan inventarisasi timbunan limbah B3 yang ada di desa Lakardowo.

”Kami berharap Pemprov melakukan pemulihan kerusakan lahan yang ditimbulkan limbah B3 yang ada di wilayah desa Lakardowo,” tandasnya.

Ditambahkan oleh Nurasim, tak hanya itu, pihaknya berharap agar Dinas Kesehatan Jatim turun ke Lakardowo untuk memeriksa kesehatan dari warga Lakardowo.

”Warga mengalami gangguan kesehatan . misalnya Dermatitis dan Ispa yang rata-rata diderita oleh penduduk di dusun Kedung Palang, Dusun Sambi Gempol, Dusun Lakardowo, Dusun Selang Dan Dusun Sumber Wuluh,” pungkasnya. (Ari)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.