Selasa, 19 Januari 2021

OJK Imbau Masyarakat Aktif Laporkan Penipuan

OJK Imbau Masyarakat Aktif Laporkan Penipuan

Foto: Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Departemen Perlindungan Konsumen mengimbau masyarakat ikut aktif dalam melaporkan tindak penipuan.

Banner Iklan Swamedium

Penipuan biasanya dilakukan lewat pesan singkat atau SMS berisi pesan untuk mengirim sejumlah uang ke nomor rekening tertentu dengan jumlah tertentu.

Kepala Departemen Perlindungan Konsumen OJK, Anto Prabowo meminta masyarakat melaporkan penipuan yang biasanya dilayangkan lewat SMS dengan cara tangkap layar atau screenshoot agar OJK dapat bekerjasama dengan bank bersangkutan untuk memblokir sementara rekening tersebut.

“Kalau ada yang yang masih terima seperti ini (SMS penipuan), tolong screen capture supaya OJK bisa bekerjasama dengan bank untuk blokir sementara rekening tersebut,” imbau Anto.

Setelah pesan di tangkap layar, masyarakat diminta mengirim gambar tersebut melalui telepon atau ke alamat email [email protected]

“Infokan ke 1 500 655 atau email ke [email protected],” lanjut Anto.

Kontribusi masyarakat dalam pelaporan ini dinilai mampu mencegah praktek penipuan semakin meluas sekaligus mengurangi adanya korban-korban selanjutnya.

“Laporan masyarakat dapat mencegah orang tertipu,” tutup Anto. (Ima)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita