Minggu, 24 Mei 2020

Fraksi Gerindra DPR RI Menolak Pelemahan KPK

Fraksi Gerindra DPR RI Menolak Pelemahan KPK

Foto: Anggota dewan dari tiga fraksi, Demokrat, Gerindra dan PKS memilih meninggalkan ruang rapat paripurna yang menyetujui hak angket KPK. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Menyoal keputusan para legislatornya mengenai usulan hak angket DPR RI tentang UU KPK pada sidang paripurna, Jumat (28/4), fraksi Partai Gerindra lewat juru bicara fraksi yang juga ketua DPP Partai Gerindra, Sodik Mudjahid menanggapi, bahwa pihaknya menolak semua upaya menghambat kerja KPK dan pelemahan lembaga KPK.

“Menurut UU, hak angket adalah hak DPR untuk melakukan penyelidikan terhadap pelaksanaan suatu UU/kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan hal penting, strategis, dan berdampak luas kepada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan,” jelas Sodik di Komplek Parlemen, Jumat, (28/4).

Menurutnya, dengan batasan UU tersebut maka kami pertanyakan, dalam melaksanakan tugas penyelidikan kasus E KTP oleh KPK, UU/Kebijakan yang mana dilanggar oleh KPK yang merugikan kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga perlu diluncurkan hak angket oleh DPR.

“Kepentingan masyarakat, berbangsa dan bernegara mana yang dirugikan oleh langkah dan kebijakan KPK sehingga perlu diluncurkan hak angket DPR?,” tanya dia.

Selain itu, Gerindra menilai bahwa hak angket yang diajukan saat ini akan menghambat proses kerja yang sudah dan sedang dilakukan KPK dan lebih jauh lagi akan berdampak berupa pelemahan lembaga dan kinerja KPK.

“KPK tidak perlu diganggu ketika sedang fokus melakukan pemberantasan korupsi di tanah air. Persoalan hukum diselesaikan secara hukum. Intervensi politik tetap ada batasnya. Gerindra menghormati dan menjunjung tinggi supremasi dan proses hukum,” ujar Sodik.

Gerindra, lanjut Sodik juga memahami bahwa perlu pengawasan dan pengaturan ulang hak dan kinerja KPK tapi semua itu bukan dan tidak boleh menghambat kinerja dan pelemahan institusi KPK dalam perjuangan membangun iklim,budaya dan langkah langkah memberantas korupsi

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.