Senin, 18 Januari 2021

Mau Bisnis Tanpa Modal, Manfaatkan Gadgetmu

Mau Bisnis Tanpa Modal, Manfaatkan Gadgetmu

Jakarta, Swamedium.com – Di era Internet ini, peluang untuk berbisnis makin luas. Tak perlu punya modal besar sudah bisa berbisnis atau berwirausaha. Cukup punya gadget, kamu sudah bisa membuka toko online sendiri. Barangnya pun bisa juga milik orang lain. Bagaimana caranya? Mulailah dari menjadi reseller atau dropshipper online.

Banner Iklan Swamedium

Bisnis reseller online ini banyak digemari oleh ibu rumah tangga, mahasiswa hingga karyawan yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan. Maklum, tak perlu bermodal besar sudah bisa jualan. Selain itu, kamu juga punya kebebasan waktu dalam menjalankan bisnisnya. Dimana saja, kapan saja dengan siapa saja selama ada jaringan internet, kamu tetap bisa mengurusi bisnis ini.

Risiko bisnis reseller online, terlebih lagi dropshipper ini sangat kecil. Apa bedanya antara reseller dengan dropshipper?

Reseller adalah pihak yang menjualkan kembali produk milik orang lain atau supplier. Reseller biasanya harus menyediakan dana untuk membeli barang yang akan dijualnya. Modal untuk membeli stok ini tidak besar. Biasanya supplier akan memberikan harga khusus untuk reseller dan diskon dengan besaran bervariasi tergantung jumlah barang yang diambilnya. Harga untuk reseller berbeda dengan harga jual eceran.

Kalau kamu pengin sama sekali tidak keluar uang, maka jadilah dropshipper. Untuk bisa menjual barang, dropshipper tidak perlu membeli stok, tetapi cukup memromosikan barang orang lain. Pekerjaan dropshipper ini mirip dengan pemasar independen. Pemilik produk tidak perlu mengajinya karena dropshipper akan mendapatkan uang bila barang yang dipromosikannya terjual.

Dropshipper tidak perlu punya stok barang. Dia cukup mengiklankan produk melalui media sosial, seperti facebook, twitter atau Instagramnya. Jika ada yang berminat, barang akan dikirimkan langsung dari supplier atau pemilik barang atas nama dropshipper.

Produk-produk yang dijual dengan sistem reseller atau dropshipper ini biasanya, produk fesyen wanita (tas, sepatu, baju, kerudung, asesoris, kosmetik), makanan, buku hingga perlengkapan sekolah dan bayi.

Meski bisnis ini terlihat simpel dan mudah, namun kamu sebaiknya memahami beberapa hal berikut ini supaya bisa sukses. Berikut ini tips jadi reseller dan dropshipper dikutip dari cermati.com.

1. Kenali produknya lebih dulu
Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali produk. Lihat apakah produk yang dimiliki memiliki peluang yang besar untuk berkembang atau tidak. Jika memilih untuk menjadi reseller pakaian, maka Anda harus siap untuk bersaing dengan yang lainnya karena reseller yang satu ini sudah menjamur di mana-mana.

2. Cari tahu popularitas produknya
Lihat berapa banyak merek produk tersebut dikenal oleh masyarakat. Semakin populer brand tersebut, maka masyarakat akan semakin tertarik untuk membelinya. Sehingga usaha akan semakin berkembang.

3. Bandingkan dengan produk kompetitor
Ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan produk pakaian. Benar, tidak? Untuk itu sebelum memutuskan untuk bergabung, Anda perlu mengamati dan membandingkan produk yang sejenis. Misalnya bahan pakaian.

4. Selidiki dulu profil perusahaannya
Menjadi reseller menunjukkan bahwa Anda telah siap bergabung untuk perusahaan tersebut. Langkah awal yang perlu diamati sebelum bergabung adalah melihat profil perusahaan dengan mencarinya di mesin pencari seperti Google.

5. Buat aturan layanan toko online milikmu
Tidak kalah penting, Anda perlu memastikan berapa lama jam support onlineyang disediakan oleh perusahaan tersebut, apakah layanan konsumen buka setiap hari, dan ketahui bagaimana sistem pengirimannya. Dan jangan lupa untuk mengamati bagaimana respon pasar terhadap pelayanan yang diberikan.

6. Gunakan media sosial untuk mengiklankan produk
Media sosial adalah kunci sukses untuk memasarkan produk saat ini. Sebut saja Facebookdan Instagram. Kedua media sosial ini sangat populer sebagai lahan untuk mengembangkan usaha dan memaksimalkan keuntungan.

Hal yang perlu dilakukan untuk memasarkan produk adalah membuat akun khusus untuk online shopping Anda. Kalau tidak mau repot, Anda bisa saja langsung memanfaatkan akun pribadi untuk memasarkan produk tersebut.

7. Perbanyak relasi atau pertemanan
Menjalin relasi sangatlah penting terutama dalam berbisnis. Manfaatkan relasi atau hubungan pertemanan baik yang telah dijalin dengan sahabat Anda. Mintalah bantuannya agar ia mau memasarkan produk yang Anda jual. Agar sahabat atau teman Anda tergiur, Anda bisa menawarkan komisi yang akan dia dapatkan setiap kali berhasil menjual satu produk. Canggihnya teknologi membuat Anda semakin mudah untuk menjalankan bisnis.

Relasi, kerja keras dan semangat pantang menyerah adalah kunci sukses ketika memulai bisnis. Baik bisnis menjadi reseller, bisnis properti, bisnis kuliner, maupun bisnis lainnya. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita