Kamis, 16 September 2021

Jika Reshuffle Terjadi, Jaksa Agung Orang Pertama yang Harus Diganti

Jika Reshuffle Terjadi, Jaksa Agung Orang Pertama yang Harus Diganti

Foto: Di era Prasetyo jadi Jaksa Agung sudah lima orang jaksa yang ditangkap KPK karena terlibat suap. (ist).

Jakarta, Swamedium.com — Pasca Pilkada DKI Jakarta putaran kedua selesai dilaksanakan, issu resuffle di kabinet pemerintahaan Jokowi, keras berembus. Nama Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta yang kalah bertarug di Pilkada, dihembuskan bakal jadi Mendagri. Tapi, nama HM. Prasetyo juga disebut layak dicopot jadi Jaksa Agung.

Banner Iklan Swamedium

Desakan untuk mengganti HM.Prasetyo itu tidak lain dari kinerja Kejaksaan Agung yang dinilai banyak pengamat, mendapat rapor merah. Selain itu, desakan pencopotan Jaksa Agung itu juga meminta janji Jokowi yang tidak mengangkat orang parpol, sementara Prasetyo adalah kader Nasdem.

Ketua Dewan Pembina Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) Hisar Tambunan mengatakan, kinerja mantan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Japindum) itu tak memiliki prestasi menonjol selama memimpin Korps Adhyaksa.

“Jadi, menurut kami kinerjanya masih belum bagus yah. Kalau jokowi mengadakan reshuffle ya dia yang paling pantas kalau lihat kinerjanya,” katanya seperti dikutip Okezone, Sabtu (29/4).

Evaluasi itu, kata dia, sangat perlu mengingat jabatan Jaksa Agung sebagai salah satu penegak hukum di Indonesia adalah posisi yang penting atau sentral. Sehingga, memang harus diduduki oleh personal yang baik dan berintergritas.

“Jadi, memang yang paling bagus itu Jaksa Agung non-partisan. Terserah mau dari kejaksaan atau pun dari luar. Tapi yang jelas non-partisan itu lebih baik,” tandasnya. (*/d)

Foto: Pencopotan HM Prasetyo jadi Jaksa Agung makin santer. (ist)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita