Minggu, 24 Januari 2021

Meniru Gaya Plesiran ‘Business Traveller’

Meniru Gaya Plesiran ‘Business Traveller’

Jakarta, Swamedium.com – Bepergian ke luar kota atau ke luar negeri adalah hal yang biasa bagi seorang pengusaha. Meski ‘travelling’ bagian dari pekerjaannya, bagi yang baru memulai usaha, bujet untuk melakukan perjalanan bisnis perlu juga diperhitungkan demi penghematan biaya.

Banner Iklan Swamedium

Bagi business traveller, perjalanan bisnis yang sukses jika bisa efisien waktu, efisien biaya, menyenangkan dan tujuan bisnisnya berhasil. Meski tujuan utamanya untuk urusan bisnis, dia bisa tetap mencuri-curi waktu untuk menikmati lokasi-lokasi wisata menarik di kota yang dikunjunginya.

Karena itu, bagi pelancong yang sekedar pleserin juga bisa meniru tips-tips perjalanan para business traveller ini agar perjalanannya mendatangkan pengalaman yang mengesankan, meski dengan bujet yang relatif hemat. Berikut ini tips-tips travelling ala pengusaha yang bisa Anda ikuti:

Pilih Penerbangan Pagi

Penerbangan pagi, selain harga tiket biasanya lebih murah, juga untuk memaksimalkan waktu. Anda bisa memanfaatkan waktu kedatangan yang lebih pagi itu untuk survei situasi kota, bertemu kolega dan teman atau langsung jalan-jalan ke tempat wisata yang paling dekat dengan lokasi bandara.

Setelah itu baru bisa menuju hotel sebab waktu chek-in hotel biasanya dimulai pukul 14.00 WIB. Jadi jeda waktu kedatangan bisa dimanfaatkan untuk menyicil menikmati lokasi wisata atau suasana kota dan biaya sewa hotel bisa dimanfaatkan maksimal.

Sebaliknya, kalau waktu pulang, pilihlah penerbangan yang lebih sore agar waktu pagi sampai siang masih bisa memuaskan diri menikmati lokasi wisatanya. Selain itu, Anda juga tidak terburu-buru merapikan barang dan menuju bandara, setelah seharian lelah berlibur.

Pilih Hotel Sesuai Kebutuhan

Bila waktu liburan Anda lebih banyak di luar hotel atau outdoor, tak perlu memilih hotel yang memiliki sarana kolam renang, sarana olah raga dan kafe. Cukup pilih hotel bujet atau bintang 3 yang minim fasilitas, seperti Amaris, Fave, Pops Hotel, Ibis dan lainnya. Hotel bujet banyak terdapat diberbagai kota di Indonesia maupun di luar negeri, khususnya negara Asia. Bangunannya baru, bersih. cukup nyaman dan harganya relatif murah.

Buat apa memilih tinggal di hotel bintang 5 yang banyak fasilitas, sementara kita hanya beberapa jam tinggal di hotel karena aktivitasnya banyak diluar hotel. Hotel yang sekedar untuk istirahat ini yang penting bersih, nyaman dan aman.

Bahkan, kalau menginginkan sarapan di luar hotel agar bisa menikmati kuliner di daerah setempat, Anda juga bisa memilih yang paket non breakfast atau tanpa sarapan. Pemesanan hotel saat ini juga bisa dilakukan secara online.

Bawa Koper Sesuai Kebutuhan

Dalam memilih koper, perhitungkan lama perjalanan dan barang-barang bawaan Anda. Jika perjalanannya hanya sepekan, bawa saja koper seukuran kabin. Bila Anda perempuan, tambahkan satu tas ukuran lebih kecil yang biasa disebut handbag karena pernak-pernik perempuan relatif lebih banyak dari pria. Perjalanan untuk tujuan liburan, jangan sampai Anda justru direpotkan oleh barang bawaan.

Koper berukuran kabin bisa langsung dibawa, tidak perlu ditaruh di bagasi. Sehingga, sesampainya di bandara bisa langsung keluar atau tak perlu menghabiskan waktu yang lama untuk menunggu bagasi keluar. Barang bawaan yang ringan juga membuat Anda lebih leluasa untuk melangkah dan tak perlu memikirkan tambahan biaya bagasi.

Beli Voucher Online

Seiring maraknya bisnis online, saat ini banyak pengelola lokasi wisata yang menjual voucher secara online. Harganya biasanya lebih murah dibanding kalau langsung beli di tempat. Tetapi, voucher ini biasanya tidak bisa dibatalkan bila terjadi perubahan jadwal. Karena itu, belilah voucher online ini bila perjalanan Anda sudah jelas waktunya. Tetapkan dulu lokasi wisata yang hendak dikunjungi, setelah itu belilah vouchernya.

Voucher online ini juga tersedia untuk penyewaan mobil dan sepeda motor di lokasi wisata. Harga online juga lebih murah, tetapi pemesanannya tidak bisa mendadak. Anda bisa pilih jenis mobilnya, termasuk sopir atau lepas kunci. Jika Anda berani menyetir sendiri, seperti di Bali, Lombok, Yogyakarta, dan lainnya, pilih saja yang lepas kunci karena harganya jauh lebih murah.

Sediakan Uang Tunai atau Mata Uang Lokal

Saat bepergian ke luar negeri, Anda sebaiknya tidak mengandalkan untuk menukar uang di tempat penukaran uang (money changer) di bandara atau lokasi wisata. Selain repot harus mengantre, tidak tenang harus mencari-cari lokasi money changer, biasanya juga lebih mahal sebagaimana azimnya, harga-harga di tempat wisata.

Kalau tujuan wisatanya lokal, Anda juga perlu mempersiapkan uang tunai secukupnya agar tidak repot mencari-cari ATM dan bisa menggunakan waktu untuk langsung meluncur ke tempat wisata.

Rencanakan Kegiatan Dengan Baik

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya anda perlu mencari informasi tempat wisata, sarana transportasi, kebiasaan masyarakat setempat, dan lainnya dari google atau media lain agar Anda bisa merencanakan perjalanan dengan baik.

Saat melakukan sebuah perjalanan, tentunya Anda juga berencana untuk melakukan berbagai kegiatan setibanya di tempat tujuan. Mulai dari melakukan pertemuan bisnis, menemui teman lama dan sanak saudara, atau mengunjungi objek wisata terkenal. Tentunya, dengan terbatasnya waktu kunjungan Anda di tempat tujuan, Anda perlu membagi waktu dengan baik. Memiliki sebuah aplikasi agenda online dapat membantu Anda untuk merencanakan perjalanan dengan teratur.

Anda dapat menjadwalkan daftar kegiatan yang ingin Anda lakukan sesuai waktunya dan menyiapkan alarm sebagai pengingat untuk mengikuti jadwal yang sudah dibuat. Jika teman atau rekan kerja yang Anda temui di tempat tujuan juga punya aplikasi ini, Anda dapat menambahkan email mereka agar mereka juga mendapatkan notifikasi mengenai janji pertemuan dengan Anda.

Perjalanan yang direncanakan dengan baik akan membantu Anda untuk mewujudkan liburan yang lebih menyenangkan. Dengan melakukan beberapa hal di atas, perjalanan yang sudah Anda rencanakan dapat efisien dalam segala hal dan nyaman. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita