Kamis, 22 April 2021

Indonesia Akan Menjadi Tuan Rumah Konferensi Pelabuhan Dunia

Indonesia Akan Menjadi Tuan Rumah Konferensi Pelabuhan Dunia

Foto: Menko Maritim Luhut Panjaitan (Ari/swamedium)

Surabaya, Swamedium.com – Para pelaku usaha kepelabuhanan dan pendukungnya dari seluruh penjuru dunia akan berkumpul di Bali untuk menghadiri konferensi pelabuhan dunia The 30th IAPH Port World Conference.

Banner Iklan Swamedium

Kegiatan rutin tersebut dihelat oleh International Associations of Ports and Harbors (IAPH) sebuah organisasi internasional yang beranggotakan pelaku usaha kepelabuhanan dan asosiasi bisnis berhubungan dengan pelabuhan. Konferensi akan berlangsung selama 3 hari di Bali Nusa Dua Convention Center, 10-12 Mei 2017.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyebut konferensi kepelabuhanan tersebut sebagai sebuah upaya untuk menggelorakan semangat Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Momentum ini dapat digunakan untuk menunjukkan fasilitas dan pengelolaan pelabuhan di Indonesia yang saat ini sudah cukup baik,” ujar Luhut, Rabu (3/5).

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada delegasi dari Indonesia untuk memanfaatkan kesempatan konferensi tersebut untuk pembaruan isu-isu terkini seputar kepelabuhanan dan menggali potensi bisnis dari para peserta negara lain.

“Fasilitas pelabuhan di Indonesia saat ini sudah lebih baik, sebut saja di Jakarta ada New Priok Container Terminal dan di Surabaya ada Terminal Teluk Lamong. Ada lagi Pelabuhan Kuala Tanjung di Medan dan New Makassar Port di Makassar yang sekarang masih dalam proses. Itu semua dapat disampaikan kepada para peserta konferensi IAPH di Bali, jangan lupa bisnisnya juga dicari disitu,” kata Luhut.

Sementara itu, Direktur Teknik dan Teknologi Informasi Pelindo III Husein Latief mengatakan bahwa Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah The 30th IAPH Port World Conference di Bali dengan Pelindo I, II, III, dan IV sebagai pelaksananya.

Menurutnya, keinginan untuk menjadi tuan rumah muncul saat pemerintah mengusung semangat memperkuat jati diri bangsa sebagai negara maritim sebagaimana tertuang dalam Nawa Cita. Sebelumnya, tahun 2015 lalu konferensi IAPH diselenggarakan di Hamburg, Jerman.

“Kami juga berharap terjalin hubungan kemitraan antar delegasi untuk sekedar berbagi informasi maupun kepentingan bisnis korporasi,” tambahnya. (Ari)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita