Rabu, 21 April 2021

BMKG: Hujan Es di Bandung Berlangsung Hingga Akhir Mei

BMKG: Hujan Es di Bandung Berlangsung Hingga Akhir Mei

Foto: Butiran es yang berasal dari hujan es di halaman rumah seorang warga Bandung. (ist)

Bandung, Swamedium.com — Hujan es disertai angin kencang kembali melanda Bandung dan sekitarnya, Rabu (3/5). Hujan es sebelumnya juga mengguyur Kota Bandung pada Rabu (19/4) lalu.

Banner Iklan Swamedium

Prakirawan BMKG Bandung Jadi Hendarmin, memberikan penjelasan bahwa fenomena hujan es akan berlangsung hingga akhir Mei. Karena Bandung diramalkan akan segera memasuki awal musim kemarau di bulan Juni.

“Namun, analisis itu baru bersifat sementara. Karena kita masih menunggu validasi statement dari BMKG pusat,” kata Jadi seperti dikutip dari Pikiran Rakyat, Kamis (4/5).

Ia menjelaskan, fenomena nhujan es sudah biasa terjadi pada masa pancaroba atau peralihan musim.

“Hujan lebat disertai petir dan angin kenang bahkan terkadang hujan es dan puting beliung biasa terjadi, di fase musim peralihan atau pancaroba. Dari musim hujan ke kemarau atau sebaliknya,” ujar Jadi.

BMKG Bandung pernah menyampaikan, bahwa peluang terjadinya hujan es biasanya dapat dilihat dari udara yang sangat panas pada sehari sebelum turunnya hujan es.

“Saat radiasi matahari di atas 45 derajat celsius pagi hari. Sementara kelembaban berada di atas 70 persen. Sifat hujan es, sehari sebelumnya cuaca panas sekali,” ungkap Jadi. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita