Sabtu, 04 Desember 2021

Potensi Kemaritiman Belum Tergarap Baik, Menteri Luhut Diminta Fokus

Potensi Kemaritiman Belum Tergarap Baik, Menteri Luhut Diminta Fokus

Jakarta, Swamedium.com – Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan jangan hanya sibuk mengurusi yang bukan urusannya, sementara masih banyak pekerjaan rumah (PR) di kementeriannya.

Banner Iklan Swamedium

Presiden RI Joko Widodo minta Menko. Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan fokus dengan program kerja dan industri kemaritiman yang sampai saat ini belum dikelola dengan baik.

Jokowi mengatakan, Indonesia terdiri dari 75% laut dan sisanya darat. Namun, pemerintah tidak fokus dan sudah melewatkan potensi besar yang ada dalam industri kemaritiman.

“Industri kemaritiman seperti galangan kapal, komponen perkapalan, dan industri jasa pelayaran serta hilirisasi saya minta ini difokuskan pekerjaannya. Pak Menko tolong konsentrasi di sini karena ini belum dilakukan secara baik dan ini perlu perhatian,” ujarnya, di TMII sebagaimana dikutip Okezone.com di Jakarta, Kamis (4/5).

Jokowi menyebut, potensi industri kemaritiman dari sektor perikanan ini bernilai USD1,33 triliun atau sekira Rp19 ribu triliun. Tapi sayangnya, potensi besar itu belum dimanfaatkan dengan baik.

“Ini besar sekali. Tapi perhatian besar kita belum disini,” tuturnya.

Untuk mencapai semua itu, Jokowi meminta fokus kerja yang dilakukan Menko Kemartiman dan jajaran kementerian lainnya jangan monoton. Namun memunculkan terobosan baru dalam kerjanya.

“Kalau pengelolaannya hanya rutinitas, monoton, tidak ada terobosan jangan harap angka ini bisa didapatkan. 10% saja sudah bagus, apalagi masuk Rp19 ribu triliun,” tuturnya. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita