Jumat, 03 Desember 2021

Ratusan Napi Sialang Bungkuk Pekanbaru Kabur, Ini Penjelasan Polisi

Ratusan Napi Sialang Bungkuk Pekanbaru Kabur, Ini Penjelasan Polisi

Foto: Salah satu napi LP Siangkak Bungkuk yang tertangkap kembali. (denni/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Kaburnya ratusan narapidana (napi) dari Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Sialang Bungkuk, Kelurahan Sialang Rampai, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, segera direspon Kabid Humas Polda Riau Kombes Guntur Aryo Tejo.

Banner Iklan Swamedium

Guntur menjelaskan bahwa kapasitas lapas sudah melebihi kapasitas. Saat ini diisi oleh sekira 1.800 napi. Padahal, kapasitas sebenarnya hanya 361 orang.

“Selain itu, mereka juga mengeluh pelayanan kurang baik. Bahkan kabarnya mereka kalau makan minum harus bayar,” ungkapnya melalui keterangan tertulis kepada swamedium.com, Jumat (5/5).

Ada pun jebolnya lapas Sialang Bungkuk diawali kerusuhan yang terjadi pada blok B yang umumnya ditempati napi narkoba dan kriminal umum. Diperkirakan napi yang kabur sebanyak 200 orang. Sedangkan yang tertangkap kembali, baru 70 orang.

“Kerusuhan terjadi pukul pukul 12.45 WIB yang terjadi keributan di salah satu kamar yang berisikan 100 orang napi laki-laki di karenakan over kapasitas kamar sehingga menyebabkan bentrok fisik sesama napi,” kata Guntur.

Keributan yang berubah menjadi kerusuhan itu tidak dapat dikendalikan oleh Petugas Sipir di Rutan Kelas 2A di Pekanbaru itu, sehingga para napi kabur dari lapas.

“Saat ini situasi napi yang kabur masih dalam pencarian para petugas sipir dan Polsek Tenayan Raya Pekanbaru. Napi yang kabur yang berhasil ditangkap, diperkirakan baru lebih kurang sepuluh orang,” tuturnya.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati jika ke depannya menerima tamu di rumah.

“Ibu ibu semua jangan sembarangan terima tamu, sebab saat sholat jumat tadi sekira 200 orang napi dari lapas Sialang Bungkuk kabur dan diperkirakan bersembunyi di perkampungan yang padat penduduk,” pungkasnya. (dr/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita