Senin, 29 November 2021

Inilah Cara Hebat Menemukan Ide Bisnis

Inilah Cara Hebat Menemukan Ide Bisnis

Jakarta, Swamedium.com – Banyak orang yang ingin berwirausaha, tetapi bingung untuk menemukan ide bisnisnya. Padahal, ide bisnis atau inspirasi bisnis bisa datang dari banyak hal. Prinsipnya, bisnis yang sukses itu mampu membantu orang untuk memecahkan masalah atau memberi solusi.

Banner Iklan Swamedium

Ide bisnis bisa ditemukan dimana saja dan kapan saja. Misalnya, saat jalan-jalan ke area kampus atau tempat berkumpulnya anak muda. Di area itu, terlihat tidak ada tempat tongkrongan yang nyaman. Lantas, munculah ide bisnis kuliner yang ada wifi gratis dengan harga makanan cukup murah. Pasti sukses.

Bisnis online juga muncul karena melihat fenomena pengguna Internet di Indonesia yang jumlahnya mencapai jutaan orang. Selain itu, gaya hidup masa kini serba praktis, jalanan macet dan tidak banyak waktu luang.

Mereka bisa sukses karena memberi solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat yang menjadi target pasarnya. Bisnis kuliner diatas memberi solusi pada anak muda yang tidak punya tempat nyaman untuk mengobrol sekaligus berselancar di dunia maya.

Sedangkan pebisnis online memberi solusi pada orang-orang yang sibuk, tidak mau repot pergi ke mall atau pasar, dan sebagainya.

Selain itu, ide bisnis juga bisa dibangun dari hal-hal yang konyol atau tidak biasa. Pengusaha yang sukses biasanya memiliki cara berpikir yang tidak biasa, tidak standar (out of the box).

Berikut ini adalah ide bisnis yang dianggap tidak biasa atau konyol, tetapi sukses. Di contoh ini, kita tidak bicara soal haram atau halal bisnisnya.

1. Jasa Sewa Pasangan
Bisnis ini menyediakan jasa penyewaan pasangan untuk para jomblo yang malu datang ke acara pesta atau pernikahan sendirian. Pacar sewaan ini akan menemani dia dan memperlakukannya, seolah-olah pacar sesungguhnya.

2. Jasa mencium aroma tubuh
Staf di perusahaan ini menawarkan untuk mencium bau ketek orang-orang dan memberikan penilaian. Perusahaan-perusahaan parfum biasanya membutuhkan jasa pencium aroma ini.

3. Jasa Rias Jenazah
Merias wajah tidak hanya dibutuhkan oleh manusia yang masih hidup. Bahkan, untuk wajah jenazah penganut agama seperti kristiani akan diberikan riasan terlebih dahulu dengan polesan make up layaknya kita mau datang ke acara pesta, sebelum nantinya dikuburkan.

4. Jual Kuburan
Pengusaha properti saat ini tidak hanya menyediakan hunian untuk orang yang masih hidup, tetapi juga rumah untuk yang sudah meninggal atau kuburan. Harganya pun bisa lebih mahal dari rumah subsidi. Contohnya, kuburan mewah di Sandiego Hills, harganya mencapai ratusan juta rupiah, bahkan lebih 1 miliar.

5. Jasa Demo
Ada lho yang menjual jasa spesialis untuk melakukan demo. Penjual jasa ini siap melakukan demo sesuai dengan order dari kliennya. Tak heran, kita kerap menemui pendemo yang sorak-sorainya seragam. Karena, mereka orang bayaran.

Intinya, carilah ide bisnis yang tidak biasa, berbeda dan dibutuhkan oleh masyarakat yang akan menjadi target pasarnya. Kalau dalam istilah bisnis disebut diferensiasi. Apa yang membedakan produk/jasamu dengan pebisnis lainnya? Bisnis apa yang orang belum ada yang menekuninya? dan sebagainya. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita