Kamis, 22 April 2021

Tips Rahasia Promosi Efektif di Media Sosial

Tips Rahasia Promosi Efektif di Media Sosial

Jakarta, Swamedium.com – Menggunakan media sosial, seperti Facebook, Fanpage, Instagram, Line dan lain sebagainya hanya untuk bercanda, membully orang atau membuat status galau, tentu patut disayangkan. Pakailah media sosialmu untuk menghasilkan uang.

Banner Iklan Swamedium

Kehadiran media sosial bisa positif selama kita menggunakan untuk hal produktif, seperti berbisnis. Semakin banyak follower, maka semakin banyak peluang untuk menghasilkan uang. Saat ini, memiliki jumlah follower ribuan atau jutaan di media sosial itu sebuat aset berharga untuk membantu kesuksesan bisnismu.

Bila jeli, media sosial ini bisa menjadi alat promosi yang murah, namun efektif. Karena itu, pelaku usaha perlu meoptimalkan Facebook atau Instagram sebagai media rpromosi.

Berikut ini ada 10 tips jitu dari para pakar wirausaha di Bisnisukm dalam mengelola brand produk/jasa yang dipromosikan melalui instagram atau Facebook.

1. Lengkapi Profilmu Dengan Deskripsi yang Jelas

Berilah sedikit penjelasan tentang brand atau usaha yang kamu jalankan. Karena deskripsi di profil instagram cukup singkat, kamu bisa mencantumkan alamat, contact number, alamat url dari website yang kamu miliki. Dan, agar jualanmu laku yang terpenting jangan gembok akunmu.

Meski private account akan membantumu mendapatkan tambahan jumlah follower berkualitas karena sudah diseleksi lebih dahulu, tapi ternyata tak sedikit dari konsumen yang akhirnya enggan melakukan transaksi setelah melihat akun jualanmu digembok.

2. Aktif Berinteraksi Dengan Followers

Seberapa sering rinteraksimu dengan followers ternyata menjadi bahan pertimbangan calon konsumen untuk melakukan pembelian di lapakmu. Sebisa mungkin, jawablah komentar di akun instagrammu dan berikan respon terbaik agar mereka juga loyal dengan lapak jualanmu.

3. Tetaplah Promosi Dengan Sopan

Meskipup cara promosi di instagram cukup mudah, hanya dengan posting foto ke profil akunmu, Tapi posting 10x per hari hanya akan membuat orang-orang memilih unfollow akun instagram milikmu. Carilah waktu yang tepat agar kamu tidak mengganggu timeline followersmu, dan yang penting ingatlah bahwa promosi tidak selamanya harus spamming.

4. Jangan Ragu Untuk Berbagi

Sesekali berikan sesuatu yang bernilai untuk meningkatkan loyalitas followers-mu, Bisa saja mengadakan promo atau event yang sedang happening, bisa juga berbagi info atau tips seputar bidang usaha yang kamu jalankan. Misalnya kamu jualan makanan, sesekali kamu bisa mengedukasi followersmu cara membuat camilan yang sehat dan praktis, dan lain sebagainya.

5. Photo is visual language

Sebelum memposting foto produk di instagram, pastikan pilihlah foto yang memadai, karena gambar yang kamu bagikan mewakili kualitas produk yang sedang kamu tawarkan. Jika tampilan fotomu blur atau gelap, konsumenmu malas untuk melihat postingan produk yang kamu bagikan ke instagram.

6. Fokus pada satu bidang usaha

Kepercayaan konsumen di instagram ternyata tidak hanya dilihat dari setiap gambar yang kamu posting, tapi juga dari seluruh postingan kamu di akun profilmu. Coba bayangkan, kamu ngefollow sebuah akun toko online makanan yang tiba-tiba menjual produk fashion wanita. Pasti kamu bakalan bingung, sebenarnya produk makanan yang dulu diposting apa masih dijual atau sudah beralih ke bisnis fashion?

7. Pisahkan akun jualanmu dengan kisah pribadimu

Jangan sekali-kali mencampurkan urusan bisnis dan kisah pribadimu. Begitu juga ketika kamu jualan di instagram, jangan terlalu sering memposting foto kekasih, anak, keluarga atau foto selfie-mu yang tidak ada hubungannya dengan produk jualanmu. Bisa-bisa foto produk jualanmu tenggelam dengan foto-foto kisah pribadimu.

8. Hindari Hashtags yang Tidak Relevan

Bukannya nggak boleh sih, tapi hashtag yang terlalu banyak bahkan terkadang tidak relevan dengan postingan foto justru hanya akan menambah jumlah fake followers di akunmu. Hashtags yang relevan memang akan membantu foto jualanmu mudah dicari konsumen, tapi hindari hashtags yang tidak relevan seperti #followforfollow #likesforlikes meski kamu sedang mengikuti event promo gratisan di instagram.

9. Fokus Pada Transaksi Bukan Hanya Ratio Like atau Followers

Meski memiliki jutaan followers dengan ratusan ribu like sekali posting cukup membanggakan buatmu, tapi ingat sebagai pelaku usaha kamu tidak hanya butuh ratio like atau followers yang banyak, tapi juga ingin terjadi banyak transaksi dari promosi di instagram. So, hindari membeli akun followers palsu untuk mendongkrak image toko onlinemu karena fake followers tidak akan membantumu meningkatkan transaksi penjualan.

10. Bersihkan Foto Jadul yang Sudah Sold Out

Hapuslah foto-foto jadul yang masih ada di timelinemu, Contohnya seperti foto produk-produk yang sudah sold out, lalu foto even promo yang dulu kamu adakan. Selain mengganggu tampilan timelinemu, hal ini juga bisa menimbulkan kekecewaan konsumen jika kamu sudah tidak memiliki stok barang-barang yang fotonya masih kamu pajang.(maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita