Sabtu, 28 November 2020

KPK Tidak Hadir, Sidang Praperadilan Miryam Ditunda

KPK Tidak Hadir, Sidang Praperadilan Miryam Ditunda

Foto: Sidang praperadilan Miryam S Haryani ditunda hingga 15 Mei. (detikcom)

Jakarta, Swamedium.com — Majelis Hakim tunggal Asiadi Sembiring menunda sidang perdana praperadilan Miryam S Haryani. Penundaan dilakukan karena pihak termohon, yakni KPK tidak menghadiri persidangan.

Sidang dibuka oleh hakim di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jaksel, Jalan Ampera Raya, pada pukul 12.45 WIB, Senin (8/5). Hakim sempat membacakan kehadiran dari pihak pemohon yang diwakili oleh tim pengacara Miryam yaitu Aga Khan, Mita Mulia, Heru Andeska dan beberapa orang lainnya.

Hakim juga memeriksa perlengkapan kuasa hukum dari Miryam. Sedangkan pihak KPK tidak menghadiri persidangan meski surat undangan sudah dilayangkan. Karenanya hakim akan melakukan pemanggilan ulang terhadap KPK.

“Kita kasih kesempatan lagi minggu depan pada tanggal 15 Mei,” ujar Asiadi dalam persidangan.

Sidang kemudian ditutup dengan keputusan melanjutkan sidang pada Senin (15/5) sekitar pukul 10.00 WIB.

Pengacara Miryam, Aga Khan menyayangkan ketidakhadiran pihak KPK. Bila pihak KPK tidak memenuhi panggilan kedua, dia meminta hakim untuk langsung membaca putusan.

“Seharusnya mereka datang, kalau nggak datang minimal kirim surat tidak siap, ini kan sama seperti mengulur waktu juga. Kalaupun dipanggil kedua tidak datang, mungkin kami meminta hakim membaca putusan ya,” ujar Aga.

“Semua itu kewenangan hakim. Kita hormati apa yang ada dalam proses persidangan,” imbuhnya.

KPK menetapkan Miryam sebagai tersangka dugaan memberi keterangan tidak benar atau keterangan palsu pada 5 April 2017. Dugaan keterangan palsu itu disebut KPK diberikan Miryam saat persidangan dugaan korupsi e-KTP dengan terdakwa Irman dan Sugiharto. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.