Senin, 06 Desember 2021

Pengamat: Jelang Vonis, Tak Ada Lagi Dagelan dalam Sidang Ahok

Pengamat: Jelang Vonis, Tak Ada Lagi Dagelan dalam Sidang Ahok

Foto: Pakar Hukum tata negara Margarito Kamis. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Pengamat hukum Margarito Kamis menilai, majelis hakim dalam sidang dugaan kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki T Purnama (Ahok) tak mungkin membuat dagelan. Pasalnya, majelis hakim diyakini bakal bersikap independen dan memberikan vonis maksimal.

Banner Iklan Swamedium

Menurutnya, dagelan demi dagelan kerap muncul dalam persidangan yang mendudukkan Ahok di kursi pesakitan itu.

Margarito yakin hakim tak mungkin mengisolasi diri terhadap keadaan yang dianggap sejumlah pihak mengandung unsur politis tersebut.

“Saya yakin sepenuhnya, hakim tahu keadaan itu, makanya hakim tahu apa yang mereka ambil nantinya dalam memberikan vonis,” ujarnya seperti dikutip sindonews, Minggu (7/5).

“Kemungkinan munculnya dagelan-dagelan baru itu tak mungkin ada lagi, kan dagelan kemarin itu diluar kendali dan tak terjangkau hakim, itu bukan kerjaannya hakim, tapi non hakim,” imbuhnya.

Margarito mengungkapkan, majelis hakim dalam kasus dugaan penistaan agama ini sudah mengetahui semua spektrumnya, baik spektrum inchord maupun nonchord.

“Saya meyakini, majelis hakim dalam vonisnya nanti berpegang pada independensi sehingga bakal memberikan vonis yang memuaskan,” pungkasnya. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita