Jumat, 23 April 2021

Ratusan Tahanan Kabur, Wacana Pembenahan Rutan Mencuat

Ratusan Tahanan Kabur, Wacana Pembenahan Rutan Mencuat

Foto: Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto. (Yoga/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Peristiwa kaburnya 448 tahanan dari lapas kelas IIA LP Siangkak Bungkuk, Pekanbaru, Riau, membuat munculnya kembali wacana pembenahan rumah tahanan.

Banner Iklan Swamedium

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Setyo Wasisto menyarankan kepada pihak lapas agar tidak terjadi kembali kapasitas tahanan yang berlebih di setiap lapas yang ada di Indonesia. Karena kepadatan jumlah tahanan dapat memicu berbagai peristiwa kemarin bisa terulang kembali.

“Kita mengharapkan kerjasama yang baik karena kita tahu bahwa kalau rutan atau lapas yang over kapasitas itu tidak manusiawi. Kita bisa bayangkan dalam suatu ruangan yang kapasitasnya 361 tapi bisa diisi 1800an orang. Itu suatu hal yang memerlukan penanganan khusus, kehadiran polisi untuk melakukan pengamanan itu,” ujar Setyo di Mabes Polri, Senin (8/5).

Selain itu Setyo juga mengutarakan, untuk mengantisipasi kejadian seperti itu tidak terulang kembali, polisi dan TNI siap untuk hal tersebut.

“Sebetulnya pihak Polri dan pihak Kemenkumham khususnya Ditjen PAS itu ada MoU. Kita selalu membantu atas permintaan dari Ditjen PAS. Manakala memerlukan bantuan Polri kami siap,” pungkasnya. (Yog)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita