Selasa, 20 April 2021

Harga Bawang Putih Dilarang Lampaui Rp38.000 Per Kg

Harga Bawang Putih Dilarang Lampaui Rp38.000 Per Kg

Jakarta, Swamedium.com – Harga bawang putih kembali melonjak tinggi, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengimbau pedagang agar tidak menimbun barang dan menjual dengan harga tidak melebihi Rp38.000 per kilogram (kg). Saat ini, harga bawang putih di pasaran masih berkisar antara Rp50.000 – Rp60.000 per kg.

Banner Iklan Swamedium

Menteri Perdagangan Enggartiato Lukita mengatakan, pihaknya telah meminta kepada pedagang bawang putih agar mengeluarkan semua stok bawang putih yang tersedia. Jika stok bawang putih melimpah, maka harga bawang putih akan berangsur menurun.

“Seluruh pedagang bawang putih harus berkomitmen untuk menjual bawang putih dengan perhitungan biaya bongkar muat, ke Bulog, ke pasar, tetapi hasil akhir tidak boleh di atas Rp 38.000 per kilogram,” ujar Enggartiasto di kantor Kemendag Jakarta kepada media, Senin (8/5).

Enggartiasto menuturkan, pihaknya akan bertindak tegas jika terdapat pedagang pasar yang sengaja menimbun stok bawang putih. Salah satunya, dengan menyita semua stok bawang putih yang dimiliki pedagang.

“Kalau ada upaya penimbunan, kami akan segel dan sita. Jadi pasti rugi. Jadi lebih baik lepas ke pasar, kemudian jual, dan jangan pernah secara bersama saling berbisik menetapkan harga mahal,” tegas dia.

Dia melanjutkan Kemendag dan importer juga sudah sepakat akan segera masuk ke pasar bersama Bulog secara bertahap.

“Minggu depan sudah mulai masuk 600 ton. Yang datang berikutnya sampai minggu ketiga Mei 2017, sehingga harga akan turun,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Djarot Kusumayakti mengungkapkan, dalam menstabilkan harga bawang putih pemerintah berencana melakukan impor dari China.

“Kami akan segera memasukan bawang putih. Jadi Bulog akan impor dari China,” ujarnya.

Djarot menjelaskan, saat ini pihaknya masih melakukan negosiasi terkait rencana importasi bawang putih asal China. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita