Kamis, 15 April 2021

Tips Kerja Cerdas dan Produktif Bagi ‘Freelance’

Tips Kerja Cerdas dan Produktif Bagi ‘Freelance’

Jakarta, Swamedium.com – Tetap produktif, meski bekerja dari rumah adalah impian semua orang yang memiliki pekerjaan bebas (freelance), seperti agen properti, penulis, dokter, notaris, pekerja kreatif dan para ibu yang yang mengendalikan usaha atau pekerjaannya dari rumah. Produktivitas yang terjaga dengan baik, tentu bakal menghasilkan pendapatan yang baik pula.

Banner Iklan Swamedium

Di era Internet ini, bekerja sebagai freelance memang menyenangkan dan menjadi pilihan menarik bagi sebagian orang yang sudah malas menghadapi kemacetan jalan dan rutinitas pekerjaan sebagai karyawan.Bila bisa berdisiplin dalam pekerjaan, penghasilannya bahkan bisa melampaui saat menjadi karyawan.

Seorang kawan yang memutuskan keluar dari pekerjaan sebagai bankir di bank asing ternama dan menekuni bisnis online dari rumah, penghasilannya rata-rata mencapai dua kali lipat dibandingkan gajinya sebagai karyawan. Waktu kerjanya juga lebih fleksibel dan yang lebih penting tidak pusing kepala bakal kena semprot bos bila pekerjaannya dinilai kurang.

Tentu saja, menjadi bos bagi diri sendiri ada plus dan minusnya. Poin plusnya, Anda memiliki kebebasan waktu dan mengatur sendiri pekerjaannya. Minusnya, bila tidak disiplin dengan waktu, Anda menjadi tidak produktif dan tanpa sadar banyak membuang waktu percuma bila tidak dikejar dead line pekerjaan atau tanggungjawab ke bos.

Bila pekerja bebas tidak disiplin dalam mengatur target kerja, tentu berdampak pada keuangannya. Karena itu, beberapa hal dibawah ini penting diperhatikan agar Anda tetap memiliki penghasilan yang baik, meski bekerja freelance.

Agar bekerja lebih produktif, selain harus bekerja keras, Anda juga harus lebih cerdas dalam membuat perencanaan kerja. Berikut ini ada lima tips kerja yang cerdas dan produktif dari Motivator Bisnis Kenamaan Tung Dengsem Waringin:

1. Buat to-do-list dan tentukan prioritas

Setiap harinya Anda mungkin sudah sering membuat to-do-list alias planning jadwal untuk memudahkan Anda menyelesaikan pekerjaan. Akan tetapi, membuat to-do-list tidaklah cukup. Selain membuat to-do-list, Anda perlu menentukan mana kegiatan yang memiliki prioritas lebih tinggi. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat menentukan rantaian waktu terhadap beberapa pekerjaan yang harus Anda segera selesaikan.

2. Buat keputusan saat pagi hari

Dua jam setelah Anda bangun di pagi hari merupakan waktu paling baik untuk membuat keputusan. Memanfaatkan waktu emas ini akan membuat Anda lebih mudah membuat keputusan. Seperti halnya tubuh, pikiran manusia pun dapat menjadi semakin lelah. Untuk itu, cobalah untuk menempatkan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan berpikir dan energi lebih banyak di awal hari.

3. Menerapkan multitasking dengan benar

Seringkali, melakukan beberapa pekerjaan malah dapat membuat produktivitas menurun karena fokus pekerjaan Anda terbagi – bagi. Namun bukan berarti hal ini tidak bisa dilakukan. Agar mampu lebih produktif, Anda dapat mencoba untuk menerapkan teknik multitasking dengan benar. Sebelum menerapkan hal ini, yang jelas Anda harus tahu prioritas apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

4. Memanfaatkan waktu sebaik mungkin

Ada kalanya Anda memiliki waktu senggang diantara pekerjaan yang dilakukan. Coba manfaatkan waktu ini untuk melakukan beberapa pekerjaan yang belum Anda selesaikan seperti membalas e-mail, membuat daftar belanja hingga mengorganisir kalender. Tujuannya, agar pekerjaan Anda tidak keteteran.

5. Membaca lebih cepat
t
Salah satu cara yang dapat Anda lakukan agar mampu menghemat waktu lebih banyak adalah dengan menjadi pembaca cepat. Dengan membangun keahlian ini, Anda akan mampu menghemat waktu lebih banyak saat bekerja. Karena kegiatan membaca adalah kegiatan yang paling banyak dilakukan di kantor. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita