Sabtu, 24 April 2021

Pasca Vonis Ahok, Bagaimana GNPF MUI Selanjutnya?

Pasca Vonis Ahok, Bagaimana GNPF MUI Selanjutnya?

Foto: Konferensi Pers GNPF MUI menyikapi putusan Majelis Hakim PN Jakut untuk kasus penistaan agama oleh Ahok. (Joko/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Terpidana penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telah divonis 2 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utaran karena terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 156a KUHP tentang penodaan agama.

Banner Iklan Swamedium

Beberapa kalangan bertanya soal kelanjutan dari Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI pasca vonis Ahok dijatuhkan. Pasalnya, GNPF MUI dibentuk untuk mengawal fatwa MUI tentang kasus penistaan agama yang dilakukan Ahok.

Ketua GNPF MUI KH Bachtiar Nasir menjelaskan, GNPF MUI pada awalnya adalah wadah aspirasi umat Islam untuk mengawal sikap dan pendapat keagamaan MUI khususnya tentang kasus penistaan agama oleh Ahok.

“Kami akan rapat setelah ini, karena memang pada awalnya GNPF MUI ini adalah sebuah ad hoc dalam rangka memperjuangkan keadilan, memperjuangkan fatwa ulama khususnya dalam kasus Al Maidah 51,” kata KH Bachtiar saat jumpa pers GNPF MUI, di AQL Islamic Center Jakarta, Rabu (10/5) siang.

Sebagai entitas aspirasi yang bersifat ad hoc, KH Bachtiar menegaskan bahwa diperlukan musyawarah bersama para ulama dan tokoh yang ada di GNPF MUI untuk menentukan langkah selanjutnya.

“Jika ini selesai maka kami akan duduk bersama lagi, apakah nanti akan lanjut atau tidak harus berdasarkan musyawarah,” tutupnya. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita