Jumat, 23 April 2021

Yusril: Penangguhan Penahanan Ahok Tergantung Majelis Hakim PT DKI Jakarta

Yusril: Penangguhan Penahanan Ahok Tergantung Majelis Hakim PT DKI Jakarta

Foto: Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra. (Ist)

Jakarta, Swamedium.com — Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra mengatakan, proses penangguhan penahanan Ahok tergantung pada Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta yang menangani permohonan banding,

Banner Iklan Swamedium

Usai pembacaan vonis pada Selasa (9/5) kemarin, Ahok menyatakan mengajukan banding atas putusan 2 tahun penjara yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut).

“Penahanan Ahok bisa ditangguhkan oleh ketua atau majelis hakim yang menangani perkara Ahok di PT DKI Jakarta karena Ahok ajukan banding. Tapi semuanya tergantung pertimbangan Ketua PT atau majelis hakim apakah akan dikabulkan atau tidak,” kata Yusril, seperti dilansir kompas, Rabu (10/5).

Ia mengingatkan, proses untuk mempertimbangkan permohonan penangguhan penahanan Ahok baru bisa dilakukan setelah berkas banding Ahok terdaftar di PT Jakarta. Sedangkan, berkas banding Ahok saat ini masih dalam proses untuk didaftarkan.

“Permohonan penundaan itu akan dikabulkan atau tidak, baru bisa dilakukan apabila berkas permohonan banding Ahok sudah di-register di pengadilan tinggi,” lanjut Yusril.

Seperti diketahui, usai sidang pembacaan vonis, Ahok langsung ditahan di Rumah Tahanan Cipinang. Namun, pada Rabu dini hari, ia dipindahkan ke Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, dengan alasan keamanan. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita