Sabtu, 04 Desember 2021

Beredar Surat Jaminan Djarot untuk Ahok, Pengamat: Djarot Mau Jadi Pengacara?

Beredar Surat Jaminan Djarot untuk Ahok, Pengamat: Djarot Mau Jadi Pengacara?

Jakarta, Swamedium.com — Beredar di media sosial foto surat pernyataan jaminan yang berisi bahwa Wakil Gubernur DKI (saat ini Pelaksana Tugas Gubernur DKI) Djarot Saiful Hidayat meminta penangguhan penahanan terhadap Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Banner Iklan Swamedium

Dalam surat tersebut juga dituliskan bahwa Djarot menjamin Ahok tidak akan melarikan diri, menghilangkan barang bukti dan tidak akan mengulangi perbuatannya. Surat tertanggal 9 Mei 2017 itu ditandatangani Djarot selaku Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Pengamat Direktur Eksekutif Jakarta Public Service (JPS) M Syaiful Jihad mengatakan, tindakan Djarot itu bukanlah menjadi urusan Djarot selaku Wagub DKI.

“Sikap Djarot yang bersedia menjadi penjamin penangguhan penahanan Ahok atas vonis dua tahun penjara Majelis Hakim PN Jakarta Utara bukanlah urusan Djarot,” kata Syaiful dalam rilisnya seperti dilansir politiktoday, Rabu (10/5) malam.

Hal itu, tambah Syaiful, adalah urusan Ahok dan kewajiban pengacaranya untuk menanganinya.

“Ahok harus diingatkan untuk menghormati putusan pengadilan, dan ini menjadi urusan dirinya dan pengacaranya,” ujarnya.

Selain itu Syaiful menilai, apa yang dilakukan Djarot menunjukkan bahwa dirinya belum bisa lepas dari bayang-bayang Ahok.

“Djarot tak perlu berlagak seperti pengacara dadakan. Kini, saatnya Djarot menunjukkan kelasnya, tidak terus-terusan dibawah bayang-bayang Ahok,” kata Syaiful.

Meski begitu, ia tidak mempersoalkan niat Djarot untuk membela rekannya itu. Dengan nada menyindir, Syaiful meminta Djarot untuk ikut kursus pengacara terlebih dahulu sebelum membela Ahok.

“Kalau mau, monggo (Djarot) memundurkan diri saja dari Plt Gubernur. Sekolah advokat dulu, lalu silahkan mati-matian membela Ahok. Dari pada berkantor di Balai Kota tapi tidak bisa fokus dengan kerjaanya,” pungkasnya. (Dip)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita