Kamis, 22 April 2021

10 Kabupaten Siap Amankan Stok Pangan di Jabodetabek

10 Kabupaten Siap Amankan Stok Pangan di Jabodetabek

Jakarta, Swamedium.com – Warga Jabodetabek tak perlu khawatir dengan kecukupan suplai kebutuhan pangan pokoknya karena 10 kabupaten telah ditunjuk oleh pemerintah sebagai pemasoknya. Dengan pasokan yang cukup, diharapkan ketersediaan pangan cukup dan harga pangan di wilayah Jabodetabek lebih stabil.

Banner Iklan Swamedium

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, 10 kabupaten siap memenuhi kebutuhan pangan pokok di kota besar khususnya Jabodetabek. Kebijakan ini diambil agar pasokan pangan dapat terus terpenuhi dan menghindari gejolak harga pangan pokok di Jabodetabek.

“Kita harus memanfaatkan daerah perbatasan kota yang memiliki sumberdaya dan lahan yang subur, untuk menyangga kebutuhan pangan masyarakat di kota besar,” jelas Mentan kepada kalangan media, baru-baru ini.

10 kabupaten yang ditunjuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi) adalah Serang, Lebak, Pandeglang, Sukabumi, Lampung Selatan, Lampung Timur, Cianjur, Purwakarta, Subang dan Karawang.

“Saat ini kita harapkan 250.000 ha dapat disiapkan untuk memenuhi kebutuhan Jagung di Jabodetabek,” ujar Mentan.Mentan dalam Rakorgab tersebut menyatakan, untuk tahap awal akan penuhi kebutuhan jagung Jabodetabek.

Seperti diketahui bahwa jagung hasil produksi dalam negeri memiliki kualitas yang lebih baik dari impor. Sehingga selama 2 tahun ini impor Jagung berkurang dan tidak ada lagi permintaan dari para importir Jagung.

Sebagai tindak lanjut terlaksananya pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat Jabodetabek, Mentan menegaskan bahwa Kementerian Pertanian juga akan bekerjasama dengan Kementerian dan lembaga lain. Untuk penyediaan lahan, Kementan bersinergi dengan Kementerian Kehutanan dan BUMN dalam hal ini Perhutani.

Untuk kreditnya bekerjasama dengan Bank Mandiri, BTN, BRI dan BNI, sedangkan penyerapan hasil produksi petani bersinergi dengan BULOG dan GPMT. Kemudian, untuk pemenuhan lumbung di desa, Kementan bersinergi dengan Kementerian Desa dan PDT. Sementara penyediaan Alsintan, benih dan pompa, Kementerian Pertanian siap untuk memberikan secara gratis kepada Kabupaten yang siap mendukung pemenuhan kebutuhan Jabodetabek. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita